Bupati dan Wabup Rohil Dapat Gelar Datuk Setia Adat


Dibaca: 3249 kali 
Sabtu, 09 Oktober 2021 - 20:46:06 WIB
Bupati dan Wabup Rohil Dapat Gelar Datuk Setia Adat
ROHIL (MR) - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau memberikan gelar Datuk Setia Adat kepada Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Sabtu (9/10/2021) sore bertempat di Danau Napangga Kecamatan Tanjung Medan.
 
Sementara Kepada Wakil Bupati Rokan Hilir H Sulaiman diberikan gelar Datuk Timbalan Setia Adat.
 
Pemberian dan Penabalan Gelar Adat itu ditandai dengan pemasangan tanjak dan selempang oleh Datuk Syafrizal Ama dari lima pucuk suku adat yang ada di Kecamatan Tanjung Medan.
 
Disamping itu juga digelar acara syukuran dan pelantikan Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Kecamatan Tanjung Medan oleh Ketua DPH LAM Riau Datuk Syahrin Abu Bakar didampingi PJs LAMR Rohil Surya Arfan.
 
Surya Arfan, PJs LAM Riau Rohil dalam sambutannya berharap dengan penabalan adat ini kepada bupati dan wakil bupati, akan memperkuat ikatan adat yang ada dan semangat mensejahterakan masyarakat Rohil melalui lembaga adat yang ada.
 
Kepada pengurus LAMR Kecamatan Tanjung Medan, Surya Arfan meminta agar melaksanakan penyusunan program kerja dalam rangka memberikan perhatian kepada masyarakat Tanjung Medan.
 
"Saya juga mengucapkan tahniah kepada pengurus DPH LAMR Tanjung Medan yang baru dilantik, maka amanah ini berada dipuncak pengurus dan jajaran," katanya.
 
Sebab, kata mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Rokan Hilir tersebut, maju mundurnya lembaga adat ini tergantung pada pengurus baru.
 
Sementara itu Bupati Rohil dalam pidatonya mengatakan, penabalan gelar ini merupakan hari yang bersejarah baginya karena ada tanggung jawab yang besar bagaimana kedepannya bisa mengangkat Marwah Melayu di Kabupaten Rokan Hilir.
 
"Mudah-mudahan amanah ini bisa kami pegang. InshaAlah adat-adat yang ada di Rohil kita bangkitkan lagi. Mari sama-sama kita jaga adat Melayu yang ada dan kita lestarikan
 
Disamping itu, Afrizal Sintong juga meminta kepada pengurus LAMR Rohil untuk bekerjasama dengan mendukung program pemerintah daerah agar segera terwujud
 
Pada kesempatan itu, Bupati Rokan Hilir juga menyerahkan bantuan kepada nelayan berupa alat tangkap jenis pangilar. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, penghasilan nelayan yang cari ikan di danau Napangga bisa semakin meningkat. (rls/Wisman)