Rombongan Fasilator Kabupaten Bengkalis, Selesaikan Rakorcam Pendamping Desa


Dibaca: 4746 kali 
Kamis, 17 Februari 2022 - 19:38:41 WIB
Rombongan Fasilator Kabupaten Bengkalis, Selesaikan Rakorcam Pendamping Desa Foto Bersama seusai Rakorcam Pendamping Desa di Gerbang Permata.(HANDANA)

DURI (MR) – Rombongan Fasilitator Kabupaten Bengkalis baru saja menyelesaikan Rakorcam Pendamping Desa Ekonomi di Gerbang Permata, Untuk kecamatan Mandau dan Bathin Solapan rakor dilaksanakan di Gedung LAMR Mandau, Sedangkan untuk kecamatan Pinggir dan Talang Mandau rakor dilaksanakan di kantor Camat Pinggir. 

Panca Dharma Selaku Advisor Pendamping Desa Ekonomi dalam sambutan dan arahannya di Gerbang Permata (Bathin Solapan, Mandau, Pinggir dan Talang Muandau), menyampaikan tentang penting nya seorang fasilitator untuk memahami regulasi tentang desa dan tugas pokok serta fungsi sebagai fasilitator atau Pendamping Desa. 

"Saya berharap kepada seluruh Pendamping Desa ekonomi Kabupaten Bengkalis yang masih tergolong baru, agar bisa dengan cepat beradaptasi terhadap pekerjaan," kata Panca Dharma Kamis (17/2) kepada monitorriau.com.

Ditambahkannya, Hal yang paling utama ialah menguasai dan memahami Undang-Undang tentang desa serta regulasi seperti perbub nomor 25 tahun 2018 tentang Pendamping Desa.

"Kepada pendamping desa ekonomi baik yang baru dan yang lama dapat bersinergi dan saling bekerjasama, kemudian panca juga memberikan penekanan kepada Koordinator kecamatan di 11 kecamatan Se-kabupaten Bengkalis," terang Panca yang juga menjabat Wakil Bendahara Karang Taruna Provinsi Riau ini.

Bagi sudah lama berkecimpung sebagai Pendamping Desa, diutarakan Panca, agar dapat kiranya berjiwa besar dalam memberikan edukasi kepada yang masih baru. Dengan demikian, maka sinergitas dan kerjasama antar pendamping desa terjalin dengan baik. 

"Pendamping desa yang baru jangan pula sungkan atau malu untuk bertanya dan belajar dari pendamping desa yang sudah tergolong senior. Kemudian untuk koordinator Kecamatan agar kiranya lebih pro aktif dalam memberikan edukasi kepada Pendamping

Desa di Kecamatan nya masing-masing. Jangan sampai ada yang masih kurang memahami Tupoksi nya selaku fasilitator," tuturnya.

Sementaran itu Fahri Andika Selaku Korkab Menjelaskan Hal yang menjadi prioritas dalam palaksanaan rakor ini selain agenda silaturahmi antar pendamping, ini juga dilakukan untuk pengutan Pemahaman bagi Pendamping Desa gerbang Permata. Tentunya dengan harapan Peran pendampinga menjadi lebih maksimal.

"Selain menyampaikan Program kerja,  kita jaga menegaskan kepada Pendamping desa untuk menyukseskan Porgram Bermasa sesuai dengan ketentuan regulasi yang  telah ada," ujarnya.

Tentu Program bermasa, disebutkan Fahri, yang sangat luar biasa ini, wajib bagi Pendamping Desa untuk menyukseskan sehingga menjadi Kebanggaan bagi kita bersama. (HANDANA)