Ada Peringatan May Day, Warga Diimbau Hindari Kawasan GBK pada Sabtu Pagi sampai Sore


Dibaca: 3454 kali 
Jumat, 13 Mei 2022 - 19:30:39 WIB
Ada Peringatan May Day, Warga Diimbau Hindari Kawasan GBK pada Sabtu Pagi sampai Sore Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - Masyarakat diimbau menghindari daerah di sekitar Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (14/5/2022) sejak pagi hingga pukul 15.00 WIB.

Imbauan tersebut disampaikan seiring dengan agenda May Day Fiesta 2022 yang digelar elemen buruh untuk mengubah Hari Buruh Internasional.

"Mohon pengertian kepada seluruh masyarakat manakala besok antara jam 09.00 WIB 15.00 WIB di sekitar GBK sampai agak padat, ada kegiatan ini. Mohon untuk bisa dimaklumi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, Jumat (13/5/2022).

Menurut Zulpan, hal itu perlu untuk menghindari kepadatan warga dan arus lalu lintas di kawasan tersebut. Sebab, banyak buruh yang diperkirakan hadir dalam kegiatan May Day Fiesta 2022.

"Dikhawatirkan nanti karena banyaknya kegiatan di situ, kemudian banyak masyarakat yang disiapkan oleh peserta. Nanti mami diharapkan untuk menghindari," ungkap Zulpan.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya menyebutkan bahwa nomor aliansi buruh bakal menggelar kegiatan bernama May Day Fiesta 2022 dalam rangka menyusun Hari Buruh Internasional, Sabtu (14/5/2022).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, kegiatan tersebut akan diawali dengan aksi demo di depan Gedung DPR/MPR RI.

"Dari pagi ada beberapa elemen yang melaksanakan unjuk rasa di depan DPR/MPR," ujar Sambodo kepada wartawan di kawasan Monumen Nasional, Kamis (12/5/2022).

Setelah itu, kata Sambodo, massa aksi akan melaksanakan longmarch ke Gelora Bung Karno untuk melanjutkan rangkaian acara May Day 2022.

Massa aksi akan bergabung dengan para buruh yang memilih buruh hari dalam acara tersebut.

"Longmarch ke GBK bergabung dengan massa buruh yang akan melaksanakan hari buruh, tapi dalam bentuk mengubah," kata Sambodo.

Sambodo memperkirakan, akan ada sekitar 800 sampai 1.000 bus pengangkut buruh yang datang untuk mengunjungi May Day 2022 di kawasan Gelora Bung Karno."*** (KOMPAS.com)