4 Cara Olah Pisang untuk Bikin Keripik Renyah


Dibaca: 3386 kali 
Kamis, 26 Mei 2022 - 10:54:35 WIB
4 Cara Olah Pisang untuk Bikin Keripik Renyah Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM  - Keripik pisang merupakan olahan pisang yang bisa dibuat di rumah. Kamu perlu mengiris pisang tipis-tipis dan mengolahnya dengan bahan pilihan agar hasilnya renyah. 

Tekstur keripik pisang yang enak adalah yang gurih, renyah, dan tidak keras. Ada cara mengolah pisang yang bisa kamu ikuti untuk membuat keripik antigagal. 

Dilansir dari beberapa sumber, simak tips mengolah pisang dengan benar untuk bikin keripik. 

Cara Membuat Keripik Pisang Kepok Pakai 5 Bahan, Tidak Keras

1. Gunakan jenis pisang apa saja 

Dikutip dari buku "30 Resep & Peluang Usaha Snack Kering Dalam Kemasan" (2013) oleh Yuyun Alamsyah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, keripik pisang bisa dibuat dari jenis apa saja.Tidak harus satu jenis. 

Hanya saja, jenis pisang yang sering digunakan adalah pisang kepok karena mudah ditemui dan harganya murah. 

2. Gunakan pisang yang tidak terlalu matang 

Dilansir dari laman MasterClass, pilihlah pisang yang tidak terlalu matang karena hasilnya bisa lembek dan sulit dipotong. Pilih pisang yang memiliki kulit dengan sedikit warna hijau dan tidak ada bintik cokelat. 

3. Beri aneka rasa 

Pada beberapa resep keripik pisang, ada penggunaan bubuk rasa agar lebih nikmat. Kamu bisa menggunakan rasa asin, manis, cokelat, sampai keju.

4. Rendam pisang dengan air lemon

Irisan pisang tipis bisa berubah warna jika dibiarkan di suhu ruang karena proses oksidasi. Oleh karena itu, rendam pisang dengan air lemon, seperti dalam laman MasterClass. 

Selain air lemon, kamu juga bisa merendam pisang dengan air hangat selama beberapa saat untuk menghilangkan getahnya. 

5. Rendam dengan air kapur sirih

Cara membuat keripik pisang renyah yang selanjutnya adalah rendam dengan air kapur sirih. Hal tersebut agar pisang renyah tahan lama saat digoreng. 

6. Potong pisang secara melintang 

Dilansir dari buku "Snack Kering Serba Goreng untuk Jualan" (2013) oleh Dapur Aliza terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, potong pisang secara melintang agar lebih menarik saat dihidangkan.*** (KOMPAS.com)