Koramil 03/PWK Lakukan Upsus Pendampingan


Dibaca: 2703 kali 
Jumat, 03 Juni 2022 - 13:00:00 WIB
Koramil 03/PWK Lakukan Upsus Pendampingan

DUMAI (MR) - Menindak lanjuti perintah Komando atas untuk melaksanakan Upaya Pendampingan Khusus (Upsus) dalam rangka mensukseskan Swasembada pangan di bidang Pertanian khususnya tanaman padi, Koramil 03/PWK bersama dengan Poktan melaksanakan pemeliharaan lahan sawah percontohan Demplot.

Seperti yang dilaksanakan Serka Khorianto Babinsa Kel.Tanjung Penyebal Anggota Koramil 03/PWK pada Hari Jum’at (3/6), bersama Poktan Duku Jaya yang melaksanakan pemeliharaan tanam Sistem Demplot di persawahan seluas 1 Ht dengan jenis Varientas padi Jenis Ciherang dengan masa panen 120 hari di Jln.Melati Rt.14 Kel.Tanjung Penyebal Kec.Sei Sembilan Kota Dumai.

Lahan Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian secara langsung kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat, memperaktekan dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Hal ini untuk mempermudah masyarakat dalam menanam padi karena bisa melihat langsung di lapangan bahkan bisa praktek.

Danramil 03/PWK Kapten Arh Hulman Sitorus melalui Babinsanya Serka Khorianto mengatakan

Bahwa Program pemerintah terkait pencapaian Swasemba Pangan ini, Babinsanya harus membuktikan menggarap sawah dan siap menjadi contoh para kelompok tani dan secara teknis saling menjalin kerjasama antara Babinsa dengan PPL dan Petani.

Selain itu, melalui kegiatan Sosialisasi dan praktek penanaman sistem Demplot, bertujuan untuk mengajak petani untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan menuju Swasembada Pangan Nasional.

"Harapanya dengan diadakan Demplot ini nantinya agar para petani mau mengikuti pola tanam dan tentunya juga cara perawatan dan pemupukan yang tepat dan agar dapat menghasilkan panen yang maksimal dan lebih meningkat dari sebelumnya," Ujar Danramil 03/PWK.