BEBAL


Dibaca: 3562 kali 
Selasa, 02 Agustus 2022 - 19:16:40 WIB
BEBAL
Berangkat dari pengertian baku kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terungkat makna pengertian "Bebal adalah Cara Pikir yg susah di mengerti" dan bebal persamaannya sama dengan Bodoh. 
 
Kata Bebal juga sering kita dengar namun yang lebih dikonotasikan bodoh dan tak paham-paham apa yang disampaikan dan dijelaskan orang lain kepada dirinya.
 
cara pikir yang sukar dimengerti biasanya sering terjadi pada saat berdiskusi dan berdebat yang kadangkala pendekatan dalam pembahasan tidak runut dan membuat orang lain sukar menangkap atau menyimpulkan sesuatu hal yang diwacanakan dalam diskusi maupun debat.
 
Peristiwa ini dapat ditemui dalam wadah forum diskusi baik yang bersifat online maupun offline, sehingga terjadi debat kusir dalam upaya membenarkan cara berpikir menyampaikan ide dan gagasan, maka perlu disadari bahwa sesuatu yg dianggap benar belum tentu dianggap benar oleh orang lain. 
 
Sudah sewajarnyalah untuk menyampaikan ide dan gagasan memiliki dasar sebagai pondasi yang mudah diterima orang lain.
 
Sikap bebal kadang-kadang tanpa disadari kita lakukan, sementara orang lain memberikan penilaian.
 
Kadang-kadang ke egoisan dan semangat yang menggebu-gebu jika tidak dibarengi dangan kerangka berpikir yang baik dapat dicap Bebal. 
 
Akibatnya, apa yang disampaikan tidak ditanggapi dengan baik pula oleh orang lain.
 
Orang bebal biasanya dapat berakibat ditinggalkan orang, sebab dianggap keberadaannya dianggap memperkeruh suasana dan diabaikan saja.
 
Untuk itu berbagai pengalaman yg dimiliki lebih baik menjadi modal untuk lebih bijak. Mari hindari sikap bebal yang cenderung ada dalam diri kita.
 
 
Ditulis Oleh : Drs.Sofyan.M.Si
Pernah menjadi ketua program studi di STIA Lancang Kuning Dumai lebih kurang 18 tahun.
Wakil Ketua Dewan pengupahan semasa Sukri Harto.
Sekarang Dosen tetap STIE Mahaputra Riau.