Budayawan dan Insan Kreatif Terima Penghargaan HUT ke 65 Riau, Ini Daftarnya


Dibaca: 5771 kali 
Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:27:25 WIB
Budayawan dan Insan Kreatif Terima Penghargaan HUT ke 65 Riau, Ini Daftarnya

PEKANBARU (MR) – Bersempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Riau, sejumlah tokoh budaya dan insan kreatif memperoleh penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar usai upacara peringatan HUT ke 65 Provinsi Riau di Gedung Daerah Provinsi Riau, Selasa (9/8/22).

Adapun sejumlah insan kreatif yang memperoleh penghargaan tersebut di antaranya Megi Irawan, Angkasa Architecture, Jailani Sidiq, Riau Rhythm, Gege's Garage, Adhari Donora, Thiffa Qaisty Salsabila, Tepak Squad. 

Kemudian, untuk kategori kreator logo dan peserta favorit diberikan kepada Wahyu Kurnia Putra, Kiara Ayudhya Darmawan. 

Selanjutnya, penghargaan Anugerah abdi Budaya diberikan kepada budayawan Riau almarhum Al Azhar. Lalu, penghargaan Tokoh Budaya diberikan kepada tuan guru Syafrudin, Mashuri, Rodya, Fakhri Yohanis, Syafarudin Tatung. 

Selain itu, Anugerah Tokoh Budaya juga diberikan kepada Herman Maskar, Indra Maulana, Musrial Mustafa, Junaidi Syam. Lalu, Anugerah Pelaku Setia diberikan kepada Rino Dezapati, dan kepada Syahrul Afandi. 

Dikesempatan itu, penghargaan juga diberikan kepada pemenang Festival Film Budaya Melayu, kepada Rofi Adi Syabanto judul film “Maakun Buni”, Eko Wahyu Kurniawan dengan Judul Film “Alif”, dan Syamsul Bahri judul film “PR”.

Selain insan kreatif dan tokoh budaya, Pemprov Riau juga memberikan penghargaan kepada pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) sempena HUT 65 Riau diberikan kepada Melba Ferry Fadly dari Bertuahpos, Helfizon Assyafei dari Riaupos.co dan Panji Ahmad Syuhada dari Suara.com (Bengkalis).

Peraih penghargaan insan kreatif dan setia budaya Provinsi Riau, Rino Dezapaty menyampaikan, bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi yang tinggi untuk insan pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) di Provinsi Riau. 

Menurutnya, dengan penghargaan tersebut pelaku Ekraf merasa dihargai oleh pemerintah daerah, sekaligus bentuk pemerintah hadir dalam hal untuk keberlanjutan dan kelangsungan kreatifitas di tanah Melayu ini. 

"Mungkin tahun berikutnya panitia HUT Riau juga mencari kurator dan pakar agar ke depan lebih serius dan menganggap penghargaan ini bukan hanya seremonial belaka. Tapi juga menjadi bahagian penting dalam perjalanan provinsi ini ke depan," harap Composer dan Direktur Riau Rhythm, Rino Dezapaty. 

Selanjutnya, hal yang sama juga disampaikan oleh peraih penghargaan insan kreatif, Megi Irawan. Ia merasa senang karena Pemerintah Provinsi Riau memberikan apresiasi kepada anak muda Riau yang mau berkarya. 

"Sebenarnya masih banyak anak-anak muda yang membawa harum nama Riau, patut kita apresiasi, dan menjadi semangat buat anak-anak muda untuk berkarya dan membawa nama Riau (ke tingkat nasional bahkan internasional)," tutupnya.

Ada pula penghargaan yang diberikan kepada ASN Pemprov Riau, Melly Oktavianti atas komitmen dalam menjalan tugas sebagai auditor Badan Kepegawaian Daerah (BKD). 

Lalu, penghargaan juga diberikan kepada pemenang event 1 e-sport kepada Hashtag five (free fire), Voxa geraldine (pubg) dan Voxa konoha (mobile legend). (HANDANA)