Dadar Gulung Merah Putih Spesial Hari Kemerdekaan RI, Enak Banget!


Dibaca: 3362 kali 
Rabu, 17 Agustus 2022 - 15:39:42 WIB
Dadar Gulung Merah Putih Spesial Hari Kemerdekaan RI, Enak Banget! Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - MEMPERINGATI HUT Ke-77 RI tak lengkap jika tidak memasak makanan atau jajanan tradisional. Jajanan dadar gulung biasanya berisikan kelapa dan berwarna hijau.

Pada resep kali ini, dadar gulung akan diberikan warna spesial Hari Kemerdekaan yaitu merah dan putih. Selain warnanya berbeda, resep ini memiliki motif untuk kulit dadar gulungnya.

Penasaran seperti apa? Yuk, intip resep dadar gulung spesial kemerdekaan yang dirangkum dari Cookpad, Rabu (17/8/2022).

Bahan-bahan:

Untuk kulit dadar

- 250 gr tepung terigu

- 2 sdm tepung kanji

- 500 ml santan

- 2 sdm minyak

- 1 butir telur

- Pewarna makanan merah

Untuk unti kelapa

- 200 gr kelapa parut

- 150 gr gula merah

- 200 ml air

- 1 lembar daun salam

Cara membuat:

1. Buat unti kelapa: Masak air, gula dan pandan sampai gula larut, kemudian saring. Masak kembali air gula dengan memasukkan kelapa.

2. Masak sampai air menyusut, tapi jangan lupa aduk-aduj agar unti tidak gosong. Setelah matang, angkat unti dan dinginkan.

3. Kulit dadar: Campur terigu, kanji dan telur. Tuang santan dan minyak ke dalam campuran tepung dan aduk menggunakan whisk sampai tidak ada gumpalan tepung.

4. Ambil beberapa sendok adonan dasar dan letakan ke dalam mangkuk. Beri pewarna merah, lalu aduk kembali hingga warna tercampur merata.

5. Siapkan wajan anti lengket, ambil 1 sdm adonan merah. Tuang acak di atas wajan lalu tuang 1 sendok sayur adonan putih di atasnya. Biarkan sampai matang.

6. Setelah matang letakan di atas piring, beri isian unti kelapa lalu lipat seperti melipat risoles. Dadar gulung spesial kemerdekaan siap disajikan.*** (okezone)