HUT RI Ke-77, Bendera Sepanjang 5.005 Meter Dibentangkan di Makassar


Dibaca: 2837 kali 
Rabu, 17 Agustus 2022 - 15:48:30 WIB
HUT RI Ke-77, Bendera Sepanjang 5.005 Meter Dibentangkan di Makassar

MONITORRIAU.COM - Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77 tahun ini di Kota Makassar disemarakkan dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 5.005 meter di Anjungan Pantai Losari, Rabu (17/8/2022).

Ide tersebut diinisiasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makkassar yang dipimpin Moh Ramdhan Pomanto. Pembentangan tersebut dilakukan oleh 1.000 personil gabungan dari Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan BPBD Makassar.

"Pengibaran bendera ini terdapat 77 bendera terdiri atas 65 meter per benderanya total 5.005 meter diiringi 350 orang paduan suara dari anak-anak SMP se Kota Makassar," ujar Danny sapaan akrabnya.

Jika tahun sebelumnya, peringatan hari kemerdekaan di Makassar dilakukan diatas laut dan bendera dibentangkan oleh nelayan, kali ini dilakukan berbeda dengan prosesi yang juga beda.

Danny menerangkan, makna dari pembentangan bendera kali ini mengingat pesan dari Bapak Presiden RI, Joko Widodo pernah mengatakan tantangan dunia ke depan makin sulit seperti gelombang bendera.

Tapi dengan persatuan, kesatuan dan semangat yang tinggi serta kebersamaan maka kegelapan dunia di masa depan akan diterangi oleh Indonesia dan dimulai dari Kota Makassar."

"Jadi ini makna terdalam dari kegiatan khas yang kami lakukan hari ini," terangnya.

Prosesi pembentangan bendera ini diiringi beberapa lagu kebangsaan diantaranya, Indonesia Pusaka, Hari Merdeka, Dari Sabang Sampai Marauke, Rayuan Pulau Kelapa, Aku Anak Indonesia, Makassar Kota Dunia. *** (okezone)



KABAR TERKINI