Jelang Lebaran 2016

Pelindo Dumai Belum Maksimal Layani Pemudik


Dibaca: 4675 kali 
Selasa, 05 Juli 2016 - 02:09:20 WIB
Pelindo Dumai Belum Maksimal Layani Pemudik

MonitorRiau.com, Dumai - Ketua DPRD Kota Dumai Gusri Effendi menilai kesiapan PT Pelindo I melayani pemudik dalam pelaksanaan angkutan lebaran 2016 belum maksimal karena kondisi terminal penumpang masih dalam pekerjaan renovasi.

"Kondisi ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman dan pelayanan tidak optimal bagi masyarakat yang singgah di pelabuhan menjadi ikon Kota Dumai tersebut," kata Gusri di Dumai dikutip dari antara.

Pelabuhan sebagai pintu masuk dan ikon daerah seharusnya disiapkan sebaik mungkin menghadapi arus mudik lebaran ini, namun kenyataan kondisi terminal masih dalam proses pekerjaan.

Dia Menyebutkan bahwa, kesiapan Pelindo I Cabang Dumai menghadapi arus mudik ini dianggap sudah telat karena aktivitas masyarakat dalam sistem angkutan lebaran sudah mulai tampak dan padat di pelabuhan.

Menurutnya, tidak siap Pelindo dalam penyelenggaraan angkutan lebaran tahun ini harus dievaluasi dan DPRD akan mengundang managemen BUMN tersebut dalam rapat dengar pendapat usai Idul Fitri mendatang.

"Mereka akan kita undang minta penjelasan terkait kondisi pelabuhan penumpang yang tidak siap menghadapi angkutan lebaran ini, karena kesannya tidak baik dipandang masyarakat luar," jelasnya seperti dikutip dari halloriau.

Politisi PDIP ini menambahkan bahwa sudah selayaknya pengelolaan terminal penumpang transportasi laut ini diserahkan ke pemerintah daerah dan tidak lagi menjadi kewenangan Pelindo agar bisa lebih optimal melayani masyarakat.(red/hrc)