Komisi III DPRD Pekanbaru Hearing dengan Disdik, Bahas Masalah Zonasi Sekolah

Senin, 28 Oktober 2019

MONITORRIAU.COM - Komisi III DPRD Pekanbaru menggelar hearing (rapat dengar pendapat) dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, Senin (28/10/2019) di ruangan rapat Komisi III. Hearing tersebut membahas mengenai zonasi sekolah yang terus dipersoalkan di tengah masyarakat.

Dalam hearing tersebut langsung dipimpin Ketua Komisi III Yasser Hamidy, serta anggota komisi III lainnya. Sementara dari Disdik, dihadiri Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal beserta kepala bidangnya.

"Dari pemaparan Disdik tadi, kita sudah menemukan titik permasalahannya. Tapi kita inginkan bagaimana masalah zonasi ini, menjadi masalah bersama, dan harus dituntaskan," kata Ketua Komisi III Yasser Hamidy usai hearing.

Dalam rangka mengatasi persoalan ini, DPRD mendapat usulan dari Disdik, agar menambah jumlah sekolah yang baru. Selanjutnya, lakukan pemerataan sarana pendidikan di tiap kecamatan, serta mengoptimalkan persentase siswa yang masuk ke SMP.

"Untuk hal ini kita dukung penuh. Bahkan kita mengusulkan beberapa lokasi untuk menjadi prioritas pembangunan sekolah baru. Seperti di Kecamatan Tampan, itu ada beberapa kelurahan yang sama sekali tidak ada sekolah, SMP yang ada di kelurahan Tuah Karya Madani. Jadi kita usulkan ke Disdik untuk diprioritaskan pembangunan sekolah baru," sebutnya.

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, untuk usulan tersebut, pihaknya akan berdiskusi untuk mencari lahan baru, untuk daerah yang membutuhkan sekolah negeri untuk zonasi.

Ada beberapa daerah yang lahannya sudah milik Pemko. Seperti halnya di Rumbai, Bukitraya, Jalan Swakarya dan di Kecamatan Tampan. 

"Nanti kita akan turun bersama, dan bisa saja juga turun bersama-sama mencari anggaran baik ke provinsi dan pusat. Jadi masalah mengenai zonasi ini, agar tidak menjadi persoalan dalam penerimaan siswa ajaran baru tahun 2020," harapnya. ***


Anggota komisi III DPRD Pekanbaru foto bersama dengan Disdik Pekanbaru, usai hearing Senin (28/10/2019).

Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal (dua dari kiri) saat memberikan penjelasan kepada anggota Komisi III DPRD, dalam hearing Senin (28/10/2019).

Anggota Komisi III Jepta Sitohang (tiga dari kanan) saat bertanya kepada Kepala Disdik dan jajaran, terkait zonasi sekolah, dalam hearing Senin (28/10/2019).

Ketua Komisi III Yasser Hamidy, saat membuka hearing dengan Disdik Pekanbaru, di ruang rapat Komisi III, Senin (28/10/2019).

Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru tampak serius mendengar keterangan dari Kepala Disdik Pekanbaru Abdul Jamal, soal zonasi sekolah di Pekanbaru, dalam hearing, Senin (28/10/2019).