Peristiwa

Karhutla di Riau Meluas, Lanud Palembang Kirim 2 Heli Water Bombing

PALEMBANG (MR) - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau meluas. Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Palembang, Sumsel, mengirimkan bantuan 2 unit helikopter water bombing ke Bumi Lancang Kuning. 
 
"Sesuai hasil rapat dengan kepala BNBP kita akan menyiagakan helikopter untuk mencegah. Intinya mengurangi kegiatan yang berkaitan pemakaian heli, tetapi itu tetap kita siapkan 5 unit," ujar Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang, Letkol Pnb Heri Sutrisno, Kamis (21/3/2019).
 
Heri menyebut ada 2 heli water bombing yang akan diterbangkan minggu ini. Baik dalam rangka pencegahan ataupun pada upaya pemadaman di daerah yang lahan terbakarnya terus meluas di Kabupaten Indragiri Hulu, Meranti, Rokan Hilir serta Dumai. 
 
"Ada dua armada akan kita berangkatkan ke Riau karena titik api di sana banyak ya dan kita mendukung pemadaman. Tentu kita mendukung dalam pencegahan agar tak meluas, ini bentuk kerjasama," imbuh Danlanud. 
 
Dua heli water bombing yang disiapkan terbang ke Riau yakni heli berkapastitas 4,5 ton. Kedua heli diharapkan akan bisa dimanfaatkan untuk pemadaman di titik karhutla yang kian meluas.
 
"Kami siagakan di Sumsel, tapi karena di sini belum ada kebakaran dan saya rasa belun dibutuhkan. Maka dikirimlah ini ke Riau untuk membantu. Kalau di sini tetap siaga jelang musim kemarau," ujar dia.
 
Sudah sepekan ini Kota Rengat, Riau diselimuti asap imbas dari karhutla. Kondisi asap ini kadang sangat pekat dan kadang menipis.
 
Berdasarkan data dari Satgas Karhutla Riau, kebakaran di Indragiri Hulu terjadi dibeberapa titik. Di Kecamatan Rengat, sudah 6 hari gabungan Satgas di sana untuk melakukan pemadaman. Luasan kebakaran diperkirakan mencapai lebih dari 50 hektare.
 
"Tim sekarang masih fokus melakukan pemadaman di titik api yang muncul di sebelah utara. Untuk sat ini penambahan luasan kebakaran belum bisa diprediksi karena masih tertutup asap yang tebal yang mengarah ke kawasan Suaka Margasatwa Kerumutan," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan