Riau

Desa Aliantan Rohul Terpilih Sebagai Desa Wisata Terbaik Riau 2019

 

PASIRPANGARAIAN (MR) - Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik di Provinsi Riau 2019. Atas prestasinya, Desa Aliantan akan mewakili Riau di lomba Desa Wisata tingkat nasional.

Dengan perolehan gelar tersebut, Desa Aliantan kembali menorehkan prestasi membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, setelah sebelumnya Suligi Hill 812 MDPL di Desa Aliantan masuk nominasi di Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Prestasi membanggakan ini kembali menunjukkan eksistensi Kabupaten Rokan Hulu dari 12 kabupaten/ kota di Provinsi Riau, dan menjadi perhatian semua mata yang hadir di acara sempena Hari Jadi ke-62 Provinsi Riau pada Kamis malam (9/8/2019).‎

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu, Drs. Yusmar M.Si, mengatakan gelar juara pertama sebagai Desa Wisata Tingkat Provinsi Riau 2019 diterima Desa Aliantan tentu melalui proses penilaian dilakukan Tim Juri.

Selain penilaian tim juri, sambung Yusmar, juga dilakukan pengamatan panjang seluruh kabupaten/ kota. Dan berkat‎ destinasi wisata Suligi Hill 812 MDPL, Desa Aliantan mendapatkan gelar membanggakan tingkat provinsi tersebut.

"Memang sudah sepantasnya Desa Aliantan terpilih sebagai Desa Wisata terbaik. Ini semua tidak terlepas dari kerja keras Pokdarwis bersama pemerintah Desa Aliantan tentunya," jelas Yusmar kepada riauterkinicom, Sabtu (10/8/2019).

Yusmar mengungkapkan desa wisata adalah suatu daerah tujuan wisata atau destinasi wisata yang mempunyai daya tarik wisata terintegrasi, meliputi fasilitas pariwisata, fasilitas umum, aksessibilitas, serta struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan cara dan tradisi yang berlaku.

"Artinya Deda wisata mempunyai destinasi wisata yang didukung sarana dan pasarana, pengelola bersifat lokal, serta didukung elemen dan komponen masyarakatnya," tambahnya.

Atas prestasinya, Desa Aliantan menerima piagam dan penghargaan serta uang pembinaan yang diserahkan langsung Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si, kepada Kepala Desa Aliantan M. Rois, di acara malam puncak Pemilihan Bujang Dara Riau 2019 di Hotel Pangaren Pekanbaru, Kamis malam.

"Sementara itu juara kedua diraih Kabupaten Kampar dan Juara ketiga diraih Kabupaten Siak," ujarnya.

Yusmar bukan hanya senang dan gembira, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Sekda, serta OPD terkait dan Dispar Provinsi Riau yang telah ikut membantu sektor pariwisata di Kabupaten Rokan Hulu selama ini.

Pria yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rokan Hulu ini juga berterima kasih kepada para pecinta wisata Genpi, Pokdarwis, media massa, dan Desa Aliantan khususnya.

"Prestasi ini merupakan buah kerjasama yang harus dipelihara dan dijaga. Kita boleh berbangga, namun perlu diikuti dengan usaha agar prestasi ini dapat dipertahankan sekaligus memacu diri untuk berbuat lebih baik lagi," pesan Yusmar.

Dengan terpilih sebagai juara pertama di Provinsi Riau, menurut Yusmar, tentu Desa Wisata Aliantan mewakili Riau untuk bersaing di tingkat nasional, atau tingkat yang lebih tinggi dan bergengsi lagi.‎

Tentunya, sambung Yusmar, memerlukan perbaikan dan peningkatan lebih baik dalam melaksanakan dan memelihara desa wisata, sebagaimana persyaratan ditentukan.‎
"Semoga desa-desa wisata lain akan lahir di Kabupaten Rokan Hulu untuk berkontrubusi bagi kemajuan pembangunan di Negeri Seribu Suluk ini," harapan besar Yusmar.

Sementara, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman dan Sekda Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, mengucapkan selamat kepada Desa Aliantan atas pertasi diterima, yakni sebagai Desa Wisata terbaik di Riau 2019.

Sumber: Riauterkini.com

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan