Daerah

Karhutla di Rohul, Ratusan Personil Dikerahkan Padamkan Api 

ROKAN HULU (MR) - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, Selasa (25/2/2020) di Desa Batu Langka Besar, Kecamatan Kabun.

Ratusan tim gabungan dari seluruh unsur terlihat berjibaku untuk memadamkan kobaran api agar tidak semakin meluas. Hanya saja, kobaran api tidak dapat dikuasai, dan kebakaran kian meluas. Bahkan, beberapa personil sudah ada yang kelelahan, bahkan ada yang mengalami luka bakar.
 
Dengan situasi itu, Satgas Mengarahkan seluruh MPA dan Personil tanggap darurat Rayon I dan tim medis untuk turun ke lokasi Kebakaran untuk membantu menanggulangi kebakaran, evakuasi korban dan memberikan bantuan medis kepada korban luka yang mengalami luka bakar.
 
Puskesmas Kabun turut membagikan masker kepada team Ops Penanggulangan Karhutla, sebelum team berangkat ke lokasi kebakaran.

Selain mebagikan masker, Ka Kamenag Kabun jugaga merangkul masyarakat pemeluk Agama, pondok pesantren dan Ulama guna menginisiasi do'a bersama dan Sholat Istiqo' (minta hujan red).

Setelah Rayon I dan Rayon II melakukan penanggulangan bersama, akhirnya api dapat dipadamkan dan kebakaran dapat dikuasai. Selanjutnya, Satuan tugas (Satgas) melakukan konsolidasi dan mengakhiri tugas Operasi Penanggulangan Karhutla.

Demikian simulasi penanggulangan Karhutla terintegrasi tahun 2020, yang diterapkan Kepolisian Resor Rokan Hulu (Polres Rohul), Riau, usai Apel siaga Karhutla di Kecamatan Kabun.
 
Dalam giat itu, turut hadir Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting,SIK, Kapolsek Kabun AKP Didi Antoni,SH,M,  Camat Kabun Anang Perdana Putra,S.STp, Danramil 08 Tandun di Wakili Oleh Serma Sugianto, Kasat Lantas AKP Andriyanto,S.Kg,S.I.K, Kasat Sabhara AKP Kamsir,SH, Upika Kecamatan Kabun Kepala Desa Se Kecamatan Kabun.
 
Simulasi Penanggulangan Karhutla diadakan di Area Eks PMKS Mini, Desa Batu Langkah Besar Kecamatan Kabun. Penanggung Jawab Kegiatan, Upika Kecamatan Kabun Selaku dan Satgas B3KBN, Camat Kabun Anang Perdana Putra, S.STP, Kapolsek Kabun Akp Didi Antoni, SH.,MH, Danramil 08/TDN diwakilkan oleh Serma Sugianto.

Peserta Simulasi Berjumlah ± 110 orang terdiri dari, tim Karhutla Kecamatan, Koramil 08/TDN, Polsek Kabun, Trantib Kecamatan Kabun, Ka Kamenag Kabun, Puskesmas Kabun dan  Senkom Kecamatan Kabun.

Dalam Apel dan semulasi Karhutla itu, Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting SIK, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya apel siaga dan simulasi penanganannya.

Kapolres menerangkan, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sangat mengapresiasi langkah - langkah yang telah dilakukan oleh seluruh komponen di provinsi Riau.

“Kita perlu berbangga bahwa provinsi lain yang dimungkinkan terjadinya karhutla di musim kemarau akan mencontoh kita baik secara IT maupun Sapras termasuk juga sinergitas yang terjalin dalam pencegahan dan penanganan karhutla. 

“Tinggal kita melanjutkan mengkonkretkan lagi apa yang telah kita rencanakan ini dengan sebaik-baiknya,”jelasnya Kapolres Rohul (Ber).




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan