Nasional

Jawaban Gus Miftah Atas Isu Kiamat 15 Ramadhan

MONITORRIAU.COM - ISU kiamat akan terjadi pada 15 Ramadhan 1441 H yang viral membuat umat cemas. Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, KH Miftah Maulana Habiburrahman atau yang populer dipanggil Gus Miftah punya jalan keluar yang tepat ketika prediksi tersebut terjadi.

Hal tersebut mengemuka kembali dalam sebuah sesi pengajian online di akun Instagram @gusmiftah, Jumat (24/4/2020). "Bener nggak Gus, kiamat akan terjadi 15 Ramadhan tahun ini?" ujar peserta pengajian bertanya.

Gus Miftah menjelaskan dengan bijak bahwa hari kiamat sudah pasti akan terjadi, namun soal kapan waktunya, hanya Allah SWT yang tahu. "Apakah benar terjadi 15 Ramadhan besok, kita lihat saja nanti. Pada tanggal itu kita adakan pengajian lagi kayak begini. Jadi andai kiamat benar-benar terjadi pada hari itu, kita tenang. Kita sedang beribadah ketika hari akhir itu datang," ujar Gus Miftah.

Hanya saja tanda-tanda kiamat bisa diamati oleh manusia agar bersiaga. Seperti yang disebutkan dalam Alquran surat Ad Dukhan ayat 10 sampai 15 mengabarkan tentang salah satu peristiwa di akhir zaman, yakni kemunculan ad dukhan.

Allah Ta’ala berfirman:

??????????? ?????? ??????? ?????????? ????????? ??????? ??????? ???????? ????? ??????? ???????

“Maka tunggulah hari ketika langit membawa dukhan (kabut) yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih” (QS. Ad Dukhan ayat 10 – 11).

Tafsir Al Omam Al Qurthubi menjelaskan makna ad dukhan dalam tiga pendapat.

Pertama, ad dukhan adalah salah satu tanda hari kiamat yang belum terjadi. Di antara yang berpendapat demikian adalah Ali, Ibnu Abbas, Ibnu ‘Amr, Abu Hurairah, Zaid bin Ali, Al Hasan dan Ibnu Abi Mulaikah.

Kedua, ad dukhan adalah khayalan yang menimpa kaum Quraisy ketika mereka mengalami kelaparan ekstrem atas doa Rasulullah. Orang-orang pada masa itu seperti melihat dukhan (asap) di antara langit dan bumi. Ini adalah pendapat Ibnu Mas’ud.

Ketiga, ad dukhan adalah debu yang mengepul di hari Fathu Makkah, sehingga menutupi langit. Ini adalah pendapat Abdurrahman Al A’raj”

Tafsiran pertama adalah tafsiran sesuai makna dasar (rajih) oleh al Imam Ibnu Katsir rahimahullah. Ayat di atas juga menunjukkan akan adanya ad dukhan sebagai salah satu tanda hari kiamat. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Hudzaifah bin Usaid radhiallahu’anhu.

Rasullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

???? ?????????? ?? ??????? ????? ??????? ?????? ??????: ?????? ???????????? ???????? ???????????? ???????? ?? ????????? ???????? ???????????? ?????????????? ?????????? ???????? ??????????? ???????????? ????????? ????????? ??? ???????????? ??????? ???????? ??? ???????? ?????? ???????? ????????

“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda: bencana penenggelaman manusia ke tanah di negeri barat, negeri timur dan di jazirah Arab, terjadi ad dukhan, munculnya dajjal, munculnya dabbah, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari barat, munculnya api yang keluar cekungan Aden yang mengusir manusia” (HR. Muslim no.2901).*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan