Lifestyle & Entertainment

Kemenristek Uji Jahe Merah, Jambu Biji hingga Minyak Kelapa Murni untuk COVID-19

MONITORRIAU.COM - Imunitas menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk mengurangi risiko terpapar COVID-19. Salah satu yang dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah konsumsi bahan-bahan alami, seperti jahe merah, jambu biji dan minyak kelapa murni.

Berkaitan dengan itu, Kementerian Riset dan Teknologi (Menristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sedang melakukan uji klinis terhadap jahe merah, jambu biji dan minyak kelapa murni yang diharapkan dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari paparan COVID-19.

"Kita sudah melakukan baik sistematic review, kemudian studi bioinformatika dan saat ini sedang melakukan uji klinis, terutama di Rumah Sakit Wisma Atlet, terutama untuk bahan-bahan seperti jahe merah, jambu biji dan kemudian juga virgin coconut oil," jelas Menristek Bambang P. S. Brodjonegoro di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (3/5/2020).

Menristek berharap mereka dapat mendayagunakan suplemen mengandung bahan-bahan tersebut untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat mengatasi penyakit COVID-19.

"Paling tidak (dapat) meningkatkan daya tahan terhadap COVID-19 ataupun kemudian menghasilkan suplemen baru yang diharapkan bisa menumbuhkan daya tahan tubuh terhadap COVID-19," ujarnya.

Sementara itu, Menristek juga mengatakan Kemenristek sedang melakukan uji klinis terhadap berbagai macam obat yang direkomendasikan dari luar negeri, baik avigan, chloroquine dan tamiflu, selain juga obat pil kina yang sedang dikembangkan di Indonesia.

"Pil kina (ini) sedang kita uji sebagai salah satu alternatif obat yang barangkali bisa meringankan beban penderita COVID-19," tuturnya.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan