FJPP

Selama Satu Bulan Kota Dumai Kampanyekan CTPS

Gerakan CPTS Kota Dumai

DUMAI (MR) – Kota Dumai akan mengkampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) selama 1 (satu) bulan kedepan, mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Kelurahan.

Hal itu disampaikan Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli As usai memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang dilaksanakan Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan bertempat di halaman Kantor Bersama, Jalan HR Soebrantas.

Ia berharap agar pesan ini benar-benar sampai ke masyarakat, sehingga nantinya hidup sehat itu akan muncul dan mencegah dari berbagai penyakit, terkhususnya Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada Kamis (15/10/2020) mengangkat tema ''Kebersihan Tangan Untuk Semua, Dalam Pencegahan Penularan Virus Covid-19 dan Penyakit Menular Lainnya''.

Pemerintah Kota Dumai selalu berkomitmen mengambil peran terutama dalam kondisi penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). “Semoga apa yang dilakukan pada saat ini akan sangat bermakna dan berarti untuk masyarakat,” ujar Wako.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Drs. Syahrinaldi. Ia mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada sesuai dengan anjuran Pemerintah.

“Mari bersama-sama kita berdoa, mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berakhir di Kota Dumai,” harapnya.

Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini Pemerintah Kota Dumai mengkampanyekan CTPS dengan cara yang unik. Pemerintah membuat Video Inovasi gerakan 6 (Enam) langkah CTPS. Gerakan ini diprakarsai oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Drs. Syarinaldi.

Gerakan Inovasi dipadukan lagu khas melayu berjudul Bungsu ciptaan Almarhun Young Hamid. Lagu ini dipopulerkan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Dumai, Hj Haslinar.

Ada 6 langkah CTPS yang diperagakan yaitu basuhi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

Kemudian gosok sela sela jari tangan hingga bersih. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Terakhir, letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan, bilas dengan air bersih dan keringkan.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan