Lifestyle & Entertainment

Buatan Anak Bangsa, Pahami 4 Keunggulan Rapid Test


MONITORRIAU.COM - Akhirnya Indonesia memiliki alat untuk mendeteksi virus corona Covid-19. Alat tes tersebut bernama antigen CePAD untuk memeriksa virus Sars-CoV-2 yang menjadi penyebab Covid-19.

Alat ini, diciptakan oleh Tim Peneliti Universitas Padjajaran (Unpad). Produk hasil karya anak bangsa ini bertujuan untuk mengurangi impor kebutuhan alat tes Covid-19.

Tim Peneliti CePAD Unpad, M Yusuf, mengatakan alat tes ciptaannya memiliki tingkat sensitivitas sebesar 85 persen, spesifisitas 83 persen, dan akurasi sebesar 84 persen. Hasil ini tentunya melebihi standar yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) untuk uji antigen, yakni lebih dari 80 persen.

Dalam peluncuran ‘Perkembangan GeNose dan Rapid Test Antigen CePAD’, Selasa (28/12/2020). Yusuf juga menjelaskan 4 keunggulan CePAD, di antaranya.

1.Deteksi antigen sudah direkomendasikan WHO sehingga pemakaiannya sudah diakui secara global.

2.Pemeriksaan antigen SARS-CoV-2 sudah memperoleh rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Laboratorium Indonesia.

3.CePAD sudah digunakan oleh Rumah Sakit Pendidikan Unpad, laboratorium kesehatan Pemprov Jawa Barat, dan komite PPI RS Santosa Bandung Central.

4.CePAD dapat mengurangi ketergantungan alat deteksi antigen impor.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan