Daerah

Kelurahan Aek Paing Terima Beberapa Usulan dalam Musrenbang 2021

LABUHANBATU (MR) - Pembahasan Usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Aek Paing dilaksanakan pada Senin (11/01/2021) di Aula Kantor Lurah Aek Paing, Kecamatan Rantau Utara.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa usulan yang diajukan dari masyarakat di empat lingkungan Kelurahan Aek Paing.

Untuk Lingkungan Aek Paing Atas mengusulkan pembangunan parit dari bukit perjuangan ke simpang tugu, karena pengusulan dari beberapa tahun yang lalu belum terealisasi dan masyarakat berharap agar segera terlaksana,

Sementara itu, untuk Lingkungan Aek Paing Tengah terdapat usulan untuk pemasangan tembok tanah wakaf, dengan tinggi 1.5 meter dan panjang 200 meter, karena harus segera dicegah agar tanah perkuburan tidak longsor, kemudian pembangunan rabat beton sepanjang 150 Meter dan Lebar 2 Meter, serta lebih untuk memperhatikan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM).

Selanjutnya untuk lingkungan Aek Paing Bawah 1 diusulkan pembangunan parit sepanjang 350 Meter untuk menghindari banjir yang selalu menghampiri ketika musim hujan tiba,

 

 

Dari lingkungan Aek Paing Bawah 2 diprioritaskan untuk pembangunan 1 pintu air lagi guna mengantisipasi banjir yang dikarenakan hanya memiliki 1 pintu air, kemudian pembangunan rabat beton sepanjang 1 Km di jalan pertanian, karena jalan tersebut merupakan jalan penting perekonomian masyarakat aek paing membawa hasil panen.

Serta Kader Posyandu mengusulkan untuk pembangunan tempat seperti Poskesdes, Bed Pasien lengkap dengan tirai penutup, timbangan, meja dan kursi sebanyak dua set terdiri dari 10 Meja dan 10 Kursi.

Pembangunan Bak Sampah juga diusulkan agar masyarakat memiliki tempat pembuangan sampah yang selama ini tidak pernah ada di empat lingkungan yang ada di kelurahan aek paing.

Menanggapi usulan tersebut, Lurah Aek Paing Parida Hanum,Spd.MM mengatakan akan terlebih dulu memprioritaskan untuk pembangunan di lingkungan aek paing bawah 2, dan tetap menerima usulan dari beberapa lingkungan di kelurahan aek paing.

"Pembangunan Pintu air akan menjadi prioritas utama, sebab dua minggu yang lalu banjir melanda lingkungan tersebut yang membuat paras air setinggi lutut orang dewasa dan memasuki rumah masyarakat, kita meninjau langsung lokasi tersebut, dan jalan sepanjang 1KM juga akan menjadi prioritas utama, di karenakan jalan itu merupakan jalan inti untuk petani mengeluarkan hasil panen dan sering dilanda banjir,"ucapnya.

Parida Hanum mengatakan akan terus berbenah dan menerima usulan dari beberapa lingkungan yang ada di kelurahan aek paing.

"Saya terima semua usulan dari masyarakat terkait pembangunan di lingkungan masing-masing yang ada di kelurahan aek paing, semoga dapat direalisasikan tahun ini,"katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pembangunan dan Perencanaan (Bappeda) Kabupaten Labuhanbatu Hobol Rangkuti melalui Kasubdit data dan informasi Dona Angelica meminta untuk melengkapi dokumentasinya agar disampaikan kepada Dinas terkait.

"Kita terima usulan dari masyarakat terkait pembangunan di lingkungan aek paing, dan saya minta untuk melengkapi dokumentasinya agar kita sampaikan seluruh usulan tersebut, karena usulan kita sekarang melalui aplikasi, kemudian untuk melampirkan titik koordinat juga,"pintanya.

Camat Rantau Utara H.Turing Ritonga,ST.MM melalui Kasi Tata Pemerintahan Rais Hasibuan mengucapkan terimakasih atas antusias masyarakat dalam pelaksanaan Musrenbang di Kelurahan Aek Paing.

"Saya mewakili Bapak Camat Rantau Utara memohon maaf atas ketidakhadiran beliau dikarenakan ada tugas di luar, dan saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah hadir, Musrenbamg bukan sekedar pembangunan saja, melainkan pemberdayaan seperti kelompok tani, dan bibit ikan atau ternak lembu,"ucapnya.

Di akhir kegiatan, Lurah Aek Paing Parida Hanum,Spd.MM meminta kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama berdoa agar seluruh usulan dapat terealisasi dengan baik di tahun 2021.

"Sama-sama sama kita berdoa agar usulan-usulan dalam pembicaraan Musrenbang dapat terealisasi dan berjalan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi,"tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Aek Paing, Camat Rantau Utara yang mewakili, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) yang mewakili, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Seluruh Kepala Lingkungan Kelurahan Aek Paing, Kader Posyandu, PKK, dan Puskesmas Aek Paing. (anditan)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan