Lifestyle & Entertainment

Kontrol Diabetes dan Cegah Malaria, Ini Deretan Manfaat Asam Jawa

MONITORRIAU.COM - Asam jawa mungkin banyak digunakan dalam kuliner khas Indonesia. Buah asam jawa memiliki ciri daging serta biji kecoklatan dan cangkang yang mudah retak.

Asam manisnya yang unik, memang memberikan kesegaran pada makanan. Selain dijadikan bumbu dapur, buah ini juga digunakan sebagai obat-obatan karena sejumlah manfaat yang bisa dihasilkannya.

Lantas, apa saja sih manfaat Asam Jawa? Simak rangkumannya yang dilansir dari Stylecraze berikut ini.

Mengurangi cedera hati

Peradangan dalam tubuh bisa memengaruhi kondisi hati. Prosianidin aktif dalam ekstrak asam jawa dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan mineral seperti, tembaga, nikel, mangan, selenium, dan besi dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif.

Menjaga berat badan

Para penelitian menemukan daging buah asam dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam plasma. Selain Itu, ekstraknya dapat mengurangi aktivitas sintase asam lemak yang mendorong pembentukan jaringan adiposa di dalam tubuh.

Meredakan sakit perut dan sembelit

Sembelit dan diare bisa diobati dengan ekstrak kulit batang dan akar asam jawa. Asam jawa adalah obat alami sebagai pencahar karena memiliki kandungan asam malat dan tartrat yang tinggi. Selain itu kalium bitartratnya dapat meredakan sembelit.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan