Daerah

Pemprov Kepri Tiap Hari Blusukan Cek Vaksinasi

TANJUNGPINANG (MR) - Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina mengatakan Pemprov Kepri terus mengejar laju vaksinasi di Negeri Segantang Lada ini. Hal itu dilakukan untuk mengejar herd immunity atau kekebalan kelompok untuk melawan pandemi Covid-19.

“Ini ikhtiar kita bersama untuk menekan wabah ini. Selain itu, sekali lagi yang terpenting adalah berdisiplin dengan protokol kesehatan,” kata Wagub Marlin di Batam, Ahad (5/6).

Sepanjang Ahad ini, untuk mendorong laju vaksinasi, Wagub Marlin meninjau pelaksanaan di berbagai tempat. Pertama yang ditinjau Wagub Marlin adalah vaksinasi massa di Hall Sekolah Tabgha, Perum Centre Park, Batam. Dari situ, Wagub Marlin kemudian meninjau vaksin untuk lansia di Vihara Meitriya Sei Panas, Batam. Pelaksanaan vaksinasi di Perumahan Dutamas Batam juga dikunjungi Wagub Marlin.

Sampai Sabtu, 4 Juni 2021, vaksinasi di Kepri sudah mencapai 14,5 persen dari target vaksinasi. Sasaran vaksinasi di Kepri sebanyak 1.476.091 jiwa. Sampai kemarin sudah 214.746 jiwa yang divaksin.

Wagub Marlin yakin hingga akhir Juni nanti, target Pemprov 50 persen vaksinasi bisa tercapai. Terlebih jika pasokan vaksin dari pemerintah pusat terus berdatangan. Apalagi jika pihak swasta semakin gencar ikut melaksanakan vaksinasi di Kepri.

Pada kesempatan itu Wagub Marlin berterima kasih kepada masyarakat itu aktif bergerak untuk ikut serta divaksin. Termasuk mendorong dan mengantar kan para lansia untuk juga divaksin.

Kepada para dokter dan seluruh tenaga kesehatan di Kepri, Wagub Marlin berterima kasih dengan kerja ikhlas dan kerja keras mereka untuk menekan pandemi Covid-19 ini. Termasuk dalam mempercepat laju vaksinasi di Kepri.

Wagub Marlin berharap suplai vaksin dari Pemerintah Pusat terus berdatangan ke Kepri. Sehingga distribusi vaksin bisa didistribusikan dengan baik ke berbagai pulau di Kepri.

Marlin memuji peran yang telah membuka 21 pusat vaksinasi di 21 puskesmas. Belum lagi di tempat lain. Jumlahnya sudah lebih dari 30 tempat. Dengan demikian jadi makin dekat ke masyarakat yang membutuhkan vaksin.

“Di Kota Batam ini tiada hari tanpa vaksinasi. Terus terang saya bangga. Tentu ini tak lepas dari peran Pemerintah Kota Batam. Bahkan saat ini Pemko Batam sudah siapkan 50 ribu vaksin untuk masyarakat,” jelasnya.

Namun Marlin ingatkan, tingkat efektivitas vaksin Covid-19 sekitar 90%. Dengan demikian masih ada kemungkinan 10% tubuh yang sudah divaksin, masih akan bisa terpapar virus Covid-19.

Itu sebabnya, proteksi ganda diperlukan dengan masih menerapkan protokol kesehatan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Vaksin Covid-19 ini manfaatnya adalah sebagai pelatih untuk tubuh kita agar bisa mengenali virus yang membahayakan tersebut,” kata Wagub Marlin (Rilis/RD)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan