FJPP

Kapolda Riau Bawa 500 Dosis Vaksin ke Bunut Kabupaten Pelalawan

Kapolda Riau Irjen Agung ke Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan

PEKANBARU (MR) - Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, dan jajarannya terus ikut berperan membantu pemerintah Provinsi Riau, untuk mencapai target vaksin di Bumi Lancang Kuning. Teranyar, meningkatkan capaian vaksinasi di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Ahad (5/12/2021).

Langkah cepat ini, karena disana di daerah tersebut, diketahui bahwa termasuk salah satu yang terendah capaian vaksinasi di Pelalawan.

Menggunakan helikopter, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, langsung memboyong 2 orang tim vaksinator dari RS Bhayangkara Polda Riau, bersama 500 dosis vaksin, bergerak dari bandara VIP Lancang Kuning, Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru, sekitar pukul 13.00 WIB.

Mengudara sekitar 25 menit, Kapolda dan rombongan mendarat tak jauh dari Puskesmas Bunut. Selanjutnya, diteruskan menggunakan mobil menuju lokasi.

Langkah ini jelas Kapolda, dilakukan sesuai hasil evaluasi capaian vaksinasi pada hari Sabtu kemarin, hanya 46.132 orang. Sedangkan, pemerintah menargetkan melakukan vaksinasi 50 ribu per hari.

Selanjutnya, menindaklanjuti kekurangan itu, Kapolda mengatakan, langsung bergerak ke Bunut, setelah melakukan  penelusuran wilayah yang capaiannya tidak mencapai target.

Lebih jauh jelas Kapolda, saat ini masih ada 3 kabupaten yang tidak mencapai target, yaitu Meranti, Siak, dan Pelalawan.

“Untuk seluruh wilayah Provinsi Riau ada 208 titik pelaksanaan vaksinasi, 13 diantaranya ada di kabupaten Pelalawan. Dimana 2 diantaranya ada di Kecamatan Bunut,” terang Kapolda.

Kemudian, dari penelusuran yang telah dilakukan didapat hasil capaian vaksinasi, khususnya di Bunut, terbilang sangat rendah.

“Capaian vaksinasi di Bunut ini baru sekitar 39 persen dari masyarakat yang divaksin. Kemudian, untuk mencukupinya kita datang dengan membawa vaksinator dan vaksin, untuk melakukan intervensi agar capaian vaksinasi ini bisa maksimal. Kita tadi bawa 500 dosis, kita harapkan selesai hari ini khusus untuk wilayah Kecamatan Bunut,” kata Irjen Agung.

Kapolda mengungkapkan, penyebab kurangnya capaian vaksinasi di Bunut, disebabkan faktor kendala yang sifatnya personal sesuai dengan laporan yang diterimanya.

“Kendalanya Kepala Puskesmas di Bunut kurang aktif, sehingga saya koordinasi dengan Pak Bupati, mengambil langkah bagaimana capaian vaksinasi kita di Bunut bisa kita kejar mencapai 100 persen,” jelas Kapolda.

Menurut Kapolda, langkah ini diambil sebagai upaya untuk mengejar capaian 70 persen vaksinasi bagi masyarakat Riau.

Saat ini, lanjut Kapolda, stok dosis vaksin di Provinsi Riau berjumlah 620.611 dosis. Sehingga, pihaknya bersama-sama Satgas  akan terus memaksimalkan vaksinasi di  12 kabupaten.

“Untuk 12 hari ke depan, kita akan maksimalkan vaksinasi di Bumi Lancang Kuning. Karena, sesuai target untuk mencapai herd immunity, Riau harus mencapai target 70 persen vaksinasi untuk masyarakatnya,” pungkasnya.

Tak lupa Kapolda menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi prokes 5M yakni Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan