Riau

Guna Cegah PMK, Babinsa Bagan Besar Turut Gencarkan Pengecekan Hewan Ternak

DUMAI (MR) - Anggota Koramil 02/BK Sertu Sareh melaksanakan pengecekan hewan ternak kambing, di Kelurahan Bagan Besar, (10/8).

Babinsa Sertu Sareh mengungkapkan, setelah dirinya melakukan pengecekan terhadap hewan ternak milik warga, tidak ada yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Namun apabila ada yang terjangkit PMK maka disarankan saat itu juga ia langsung menghubungi petugas kesehatan hewan untuk segera ditangani, saran Babinsa Sertu Sareh.

"Saat melakukan pengecekan kami juga mengimbau warga untuk segera melapor apabila ada hewan ternaknya yang mengalami tanda-tanda penyakit PMK," ujarnya.

Dikatakan, dengan segera melaporkan sedini mungkin kepada petugas ketika ditemukan gejala PMK, agar dilakukan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Menurutnya, selain melaksanakan tugas pokok sehari-hari, seluruh Babinsa ditugaskan untuk membantu melakukan monitoring dan pencegahan penyebaran PMK. Yakni dengan memantau dan menanganani bersama petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai serta instansi terkait lainnya, sebagai upaya pemerintah dalam memutus penyebaran PMK ini.

"Selain imbauan dan penyemprotan juga dilaksanakan vaksinasi, seperti yang sudah dilakukan di beberapa daerah, guna mempercepat penanganan PMK,” katanya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan