Riau

Pendaftaran Panwascam Daerah Terluar Kepri Masih Sepi Peminat

Istimewa

MONITORRIAU.COM - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Riau (Kepri) membuka perekrutan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) sejak 21 September hingga 27 September 2022. Namun, pendaftaran Panwascam masih didominasi pendaftar dari kecamatan di daratan, sementara pendaftar dari kecamatan pulau terluar sepi peminat.

"Pendaftaran masih dibuka hingga 27 September 2022 mendatang. Saat ini yang belum banyak peminatnya di kecamatan di wilayah yang aksesnya jauh dari Ibu kota Kabupaten," kata ketua Bawaslu Kepri, Said Abdullah Dahlawi, Minggu (25/9/2022).

Beberapa daerah yang aksesnya jauh seperti kabupaten Bintan pada kecamatan Tambelan, Kabupaten Natuna di kecamatan Midai dan Pulau Laut, dan beberapa kecamatan di Anambas dan Lingga.

"Jarak tempuhnya lumayan seperti Tambelan, untuk ke ibukota Kabupaten Bintan memakan waktu 25 jam perjalanan serta biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak," ujarnya.

Bawaslu Kepri melalui Bawaslu Kabupaten dan Kota mengantisipasi sepinya peminat di daerah kecamatan pulau terluar dengan melakukan upaya mendatangi langsung ke daerah tersebut dan membuka posko pendaftaran.

"Solusi lainnya ialah pendaftar bisa melakukan pengiriman data administrasi melalui kantor pos atau mengisi alamat pendaftaran dalam jaringan (daring) yang telah disediakan . Pendaftaran di buka terus dari 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB untuk online dan offline," ujarnya.

Said menjelaskan masalah lainnya di daerah perkotaan untuk perekrutan Panwascam belum memenuhi kuota yang tersedia dimana sesuai petunjuk teknis dari Bawaslu RI, dalam merekrut petugas harus memenuhi kuota minimal 6 orang pendaftar dan keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

"Jika hingga batas pendaftaran Panwascam yang masih sepi peminat akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran pada 2 Oktober hingga 8 Oktober 2022," jelasnya.

Untuk Panwascam di Kota Batam, Karimun dan Tanjungpinang dikatakan Said cukup diminati oleh pendaftar meski di beberapa kecamatan masih ada yang belum terisi penuh oleh pendaftar.

"Masih ada beberapa hari lagi jadi kami masih optimis kecamatan yang belum maksimal pendaftar akan terpenuhi. Bagi masyarakat yang tertarik menjadi pengawas bisa mendaftarkan diri karena masih ada kesempatan hingga tanggal 27 September 2022," ujarnya."*** (detiksumut) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan