Riau

Akhirnya Kepala Rutan Sialang Bungkuk Dicopot

PEKANBARU (MR) - Terkait larinya tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk berdampak dicopotnya Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk Teguh Trihatnanto. Hal ini disebabkan karena dirinyalah yang bertanggung jawab atas insiden saat ini.

Dirjen Lembaga Pemasyarakatan Kementerian hukum dan HAM RI, I Wayan Kusmianta Dusak, menyebutkan akan secepatnya menggantikan Karutan.

"Kita akan menggantikannya dia, karena dinilai tidak bisa bertanggung jawab atas larinya 448 tananan Rutan," kata I Wayan kepada halloriau.com, usai melihat Rutan, Sabtu (6/5/2017).

Sementara posisi Kepala Rutan Sialang Bungkuk segera diisi pejabat yang baru yang masih berstatus sebagai PLH (Pelaksana Harian). Namun I Wayan belum bisa menyebutkan siapa nama calon pengganti Karutan.

"Insya allah digantikan Karutan Sialang Bungkuk, hari ini sudah dibuat skapa PLHnya. Sementara petugas penjaganya sudah digantikan. 

Selain itu, pihaknya juga sudah memeriksa beberapa petugas yang bersikap ekstrim terhadap para tahanan. Ini juga merupakan salah satu keluhan dari mereka (Tahanan-red). 

"Informasinya juga sudah kita dengar dari para tahanan itu sendiri. Mereka juga meminta petugas Rutan juga dipindahkan, karena pelayanan terlalu dianggap kurang wajar kepada tahanan. Jadi kalau petugas melakukan kesalahan juga diberi sanksi," sambung I Wayan.

Sejauh ini juga, I Wayan sudah memastikan terkait adanya pembakaran malam lalu didalam Rutan, tidak ada satupun yang memakan korban jiwa dalam insiden pembakatan itu. Meski demikian, pihaknya juga belum mengetahui kerugian pasca larinya para tahanan.

"Korban jiwa saat pembakaran dalam hutan tidak ada, untuk kerugian materi yang ditafsir belum diketahui pasti berapa. Namun untuk kunci pintu dan sebagianya sudah diperbaiki," pungkas I Wayan.(ft10/hrc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan