FJPP

Makan Buah Ini Bisa Bantu Menurunkan Kolestrol

JAKARTA (MR) - Konsumsi makanan tinggi lemak bisa membuat kadar kolesterol dalam darah meningkat. Kolesterol yang tinggi juga berhubungan dengan penyakit jantung.
 
Kolesterol yang tinggi dapat membahayakan kesehatan jantung. Ada dua jenis kolesterol. HDL (High density lipoproteins) diklasifikasikan sebagai kolesterol baik dan sangat penting untuk optimalkan dungsi tubuh. HDL dapat mengangkut limbah dan racun untuk diproses di hati.
 
Sedangkan LDL (Low density lipoprotein) dikenal sebagai kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini bisa membentuk lapisan plak di dinding arteri yang bisa saja menyulitkan aliran darah. Jika hal ini terjadi, kemungkinan akan berlanjut ke tekanan darah tinggi hingga stroke.
 
Jika Anda alami kolesterol yang sedang tinggi. 5 buah ini sangat baik dikonsumsi agar tubuh tetap sehat dan dapat menormalkan kadar kolesterol dalam darah.
 
 
1. Alpukat
 
Buah alpukat sangat dianjurkan untuk pasien dengan tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung sumber antioksidan yang tinggi seperti vitamin K, C, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menjaga jantung tetap sehat dan kurangi risiko stroke. Selain itu buah alpukat juga bisa mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL serta trigliserida darah tetap normal.
 
2. Tomat
 
Buah tomat berwarna merah yang segar mengandung beberapa vitamin seperti A, B, K dan C. Tomat juga sangat baik untuk kesehatan mata, kulit dan jantung. Buah ini juga kata akan pottasium yang dianggap sebagai makanan ramah hati. Selain itu juga dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah dan risiko stroke.
 
3. Apel
 
Apel menjadi salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Tak hanya bisa membantu lancarkan pencernaan, akan tetapi juga dapat mengatur kadar kolesterol dalam darah. Menurut buku 'Healing Foods', ada serat pektin dalam apel dan beberapa kandungan lain seperti antioksidan polifenol yang keduanya dapat mengurangi kadar kolesterol LDL yang tidak sehat dan memperlambat proses oksidasi dalam tubuh.
 
Oksidasi merupakan faktor risiko aterosklerosis yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan arteri yang mengeras.
 
4. Buah jeruk
 
 
Jenis buah jeruk seperti lemon, jeruk limau dan jeruk Bali juga dapat mengendalikan kadar kolesterol. Menurut buku 'Healing Foods', buah jeruk mengandung hesperidin yang dapat mengurangi gejala hipertensi dan pektin (serat) dan senyawa limonoid yang dapat memperlambat aterosklerosis (pengerasan arteri) dan mengurangi kolesterol tidak sehat (LDL) di dalam darah. Jeruk juga mengandung antikosidan berupa flavonoid yang dapat menurunkan risiko stroke pada wanita.
 
5. Pepaya
 
Buah kaya serat ini bisa membantu mengontrol tekanan darah dan juga mengatur kadar kolesterol tidak sehat (LDL) dalam darah. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu buah besar pepaya dengan berat sekitar 780 gram memiliki sekitar 13-14 gram serat. Serat tidak hanya bisa membuat pencernaan lebih lancar tapi juga sangat baik untuk normalkan kadar kolesterol dalam darah.
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan