MENU TUTUP

Calon Tidak Harus Melalui Penjaringan, Kewenangan Ada di Pusat

Senin, 23 September 2019 | 20:16:36 WIB
Calon Tidak Harus Melalui Penjaringan, Kewenangan Ada di Pusat Ketua DPC PDI-Perjuangan Kab Pelalawan Syafrizal.

PANGKALANKERINCI (MR) - Penjaringan Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan yang dilakukan DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Pelalawan telah berakhir. 

Dalam penjaringan tersebut muncul nama-nama dari internal maupun dari luar partai. "Ada tujuh nama yang mengembalikan formulir pendaftaran balon pada kita," ujar Ketua DPC PDIP Kabupaten Pelalawan, Syafrizal di Pangkalan Kerinci, Senin (23/9).

Dijelaskannya, tujuh nama tersebut bisa saja menjadi calon Bupati maupun calon Wakil Bupati. "Namun semua itu tetap merupakan keputusan DPP PDIP. Kita hanya menerima pendaftaran balon saja," ucapnya.

Terkait tidak adanya nama Ketua DPD PDIP Provinsi Riau Zukri Misran dalam berkas penjaringan, dijawab Ketua DPC PDIP yang sekaligus Wakil Ketua DPRD Kabupaten pelalawan ini, penjaringan itu ada juga dibuka di DPD Provinsi dan juga di PDIP Pusat. 

"Jadi bisa saja Pak Zukri mendaftar melalui DPD PDIP Riau maupun Pusat. Semua itu bisa dilakukan," terangnya.

Dijelaskannya lagi, keputusan untuk menjadi calon disetiap daerah itu merupakan kewenangan pusat.

"Bisa saja dia tidak mendaftar di penjaringan balon, namun pusat melihat calon tersebut potensial dan memiliki semua persyaratan yang diisyaratkan partai. Nah bisa saja DPP memutuskan untuk memberikan kesempatan itu kepadanya," jelas Syafrizal lagi.

Masih katanya, siapapun yang ditunjuk oleh DPP untuk menjadi calon baik bupati maupun wakil bupati harus didukung, mengamankan dan mengawal sekaligus memenangkannya.

"Bisa saja pusat menunjuk Zukri sebagai calon walaupun dia tidak mendaftar di penjaringan yang kita buka. Namun sebagai petugas partai kita harus dukung sepenuhnya," ungkap dia.

Dalam kesempatan itu, Syafrizal mengisyaratkan agar warga masyarakat bersabar menunggu keputusan DPP PDIP tentang siapa yang menjadi calon. 

"Sabarlah, tahapan masih lama. Namun yang pasti PDIP akan mengajukan calon bupati sebagai pemilik lima kursi. Bisa saja juga sekaligus calon wakilnya. Kita masih mencari rekan koalisi," katanya mengakhiri. (ton)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

DUMAI SHOTS: Mengabadikan Momen Berolahraga

2

Babinsa Hadiri Penilaian Lomba Penanganan Stunting di Posyandu Cempaka

3

Babinsa Dumai Timur Lakukan Sosialisasi PMK di Peternakan RT 22

4

Bawaslu Dumai Gelar Rapat Koordinasi Rekrutmen PKD

5

Dinas Perikanan Kota Dumai Sahkan Pokdakan PRABU JAYA