MENU TUTUP

Sejumlah Titik Asap Ditemukan, Satgas Karhutla Laksanakan Pendinginan

Senin, 20 April 2020 | 06:47:11 WIB
Sejumlah Titik Asap Ditemukan, Satgas Karhutla Laksanakan Pendinginan

DUMAI (MR) - Minggu, (19/4), Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), sekira pukul 09.00 WIB menemukan titik asap yang berada di Jalan Dumai Motor Kelurahan Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur.

Penemuan titik asap ini bermula saat para Babinsa serta Bhabinkamtibmas Melaksanakan patroli rutin untuk pencegahan karhutla di kelurahan Tanjung Palas tersebut.

Setelah menemukan titik asap ini, mereka pun langsung menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai serta aparat kelurahan setempat.

Disini, para satgas Langsung Melakukan pendinginan lahan yang bertujuan untuk mencegah agar titik asap tersebut tidak meluas.

Titik asap ini terpantau berada di kebun masyarakat dan semak belukar yang luasnya lebih kurang satu setengah hektar. 

Tiga unit mini striker diturunkan pada saat pendinginan ini dilakukan, namun, pendinginan yang dilakukan pun tidak berjalan dengan mulus, kurangnya sumber air dan angin yang kencang menjadi kesulitan tersendiri.

Perlu waktu yang cukup lama untuk satgas agar bisa menyelesaikan pendinginan di lahan ini.

Disela-sela Pelaksanaan pendinginan lahan ini, peltu Wawan selaku Babinsa turut menyampaikan, Agar masyarakat harus terus aktif menjaga lahan yang berada di sekitarnya.

Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi agar bencana Karhutla bisa dicegah dan tidak membesar seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Saya harapkan agar seluruh masyarakat juga aktif dalam pengawasan lahan yang ada di sekitar mereka, jika ada titik asap bahkan titik api yang timbul harap segera laporkan," Katanya.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

2

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

3

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

4

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar

5

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses