MENU TUTUP

Waduh...!!! Jumlah Penderita HIV/AIDS di Sumbar Capai 1.192 Orang

Sabtu, 03 Desember 2016 | 11:54:42 WIB
Waduh...!!! Jumlah Penderita HIV/AIDS di Sumbar Capai 1.192 Orang Ilustrasi

PADANG (MR) - Jumlah penderita HIV/AIDS di Sumatera Barat sudah sangat mengkawatirkan angkanya, bahkan sangat fantastis mencapai 1.192 orang yang tersebar seluruh kabupaten/kota pada tahun 2016.

Jumlah tersebut masih angka kumulatif yang dihimpun Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sumbar serta usia yang sangat rawan dan rentan terkena penyakit Human Immunodeficiency virus berkisar 15 sampai 19 tahun.

“Jumlah tersebut merupakan angka yang sangat mengkhawatirkan dan kasusnya ditemukan di kabupaten dan kota di Sumbar," kata Sekretaris KPA Sumbar Efrida Aziz, Sabtu (3/12/2016).

Menurutnya, penderita HIV/AIDS atau penyumbang terbanyak itu berasal dari masyarakat yang terlibat hubungan homoseksual atau penyuka sesama jenis, yakni antara laki-laki dengan laki-laki. Kemudian melaluhi pergaulan bebas atau berhubungan badan secara bebas, kumpul kebo, penggunaan narkoba dengan jarum suntik, dan sejumlah faktor lainnya.

“Dengan kondisi ini KPA meminta kepala daerah se-Sumbar untuk menyikapi persoalan tersebut dengan serius dan sungguh-sungguh. Dengan peran pemerintah setempat, kita berkayakinan penyebaran virus ini bias dikurangi,” terangnya.

Sementara itu, KPA sedang fokus menyosialisasikan agar penyakit itu tidak merambah di Sumbar. Sosialisasi lebih intens akan dilakukan ke sekolah menengah karena remaja pada usia ini paling rentan dengan berbagai macam pergaulan yang merusak dan dapat berujung terjangkit virus HIV/AIDS.

“Umur 15-19 tahun paling rawan terjangkit karena mereka masih memiliki kepribadian yang mudah terpengaruh dengan hal-hal yang bersifat buruk,” sambungnya.

Menurut Efrida, cara paling efektif mencegah penyakit itu tidak menjalar kepada orang lain memulai dari diri sendiri dan orang yang tinggal pada lingkungan sekitar.

“Kita juga saling mengingatkan keluarga agar menjauhi penyebab yang bisa menularkan virus tersebut,” pungkasnya.*** (okezone)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Besok Radja Langit Cup U-9 dan U-11 Digelar, 27 Tim Siap Berlaga

2

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

3

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

4

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

5

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi