MENU TUTUP

Sumsel Butuh 8.000 Sapi untuk Idul Adha, Pemprov: Dijamin Aman

Senin, 23 Mei 2022 | 11:33:55 WIB
Sumsel Butuh 8.000 Sapi untuk Idul Adha, Pemprov: Dijamin Aman

MONITORRIAU.COM - Pemprov Sumsel menjamin pasokan sapi menjelang Idul Adha 1443 Hijriah dalam kondisi aman. Kebutuhan sapi di hari raya kurban di Sumsel mencapai 8.000 ekor. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Effendi mengatakan jumlah kebutuhan tersebut berdasarkan data permintaan Idul Adha yang dihimpun Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan dari 17 kabupaten dan kota pada kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Kebutuhan hewan kurban khususnya sapi di Sumsel mencapai sekitar tujuh sampai delapan ribu ekor," katanya, Minggu (22/5/2022).

Menurutnya, dari jumlah kebutuhan hewan kurban tersebut yang sudah tersedia di antaranya, sebanyak 1.500 ekor di Kabupaten Ogan Ilir, 2.000 hingga 3.000 ekor di Ogan Komering Ulu Timur, dan 800 ekor di Ogan Komering Ulu.

"Ketersediaan di kabupaten/kota lainnya seperti Palembang saat ini sedang dalam proses pendataan tim di lapangan untuk memastikan pasokan benar-benar aman di Idul Adha ini," katanya didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti.

Selain melakukan pendataan, tim yang dikerahkan juga melakukan upaya meminimalisasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) seperti memberikan vitamin, penyemprotan disinfektan pada kandang.

"Akan lebih baik mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah menerima vaksin dari pemerintah pusat untuk menjamin kekebalan hewan kurban dari paparan penyakit," ujarnya.*** (iNews.id)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Bawaslu Dumai Gelar Rapat Koordinasi Rekrutmen PKD

2

Dandim 0320/Dumai Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Seluas 150 Hektar di Tanjung Penyembal

3

Babinsa Bukit Nenas Berikan Bantuan Sosial Kepada Warga Kurang Mampu

4

Babinsa Sertu Mahyudin Ajak Warga Kelurahan Purnama Cegah Penyakit Mulut dan Kuku

5

Dorongan Masyarakat dan Restu Ibunda, Ferdiansyah Siap Bertarung Pada Pilkada Serentak 2024