MENU TUTUP

Dishub Dumai Belum Miliki BLUe

Selasa, 01 September 2020 | 21:55:37 WIB
Dishub Dumai Belum Miliki BLUe

DUMAI (MR) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai sudah sejak beberapa bulan tidak mengeluarkan bukti lulus uji kendaraan (KIR). Hal ini disebabkan karena Dishub Dumai belum memiliki alat dan kartu Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe) sesuai arahan Menteri Perhubungan.

“Kita (Dishub Dumai,red) belum memiliki BLU elektronik. Jadi, hingga akhir tahun 2020 Dishub Dumai, belum dapat menerbitkan kartu uji kendaraan atau KIR,” sebut Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Asnar SP, M.Si.

Maka dari itu, Asnar menghimbau kepada masyarakat atau pengemudi kendaraan yang ingin mendapatkan kartu KIR, dapat melakukan uji KIR di Kabupaten Bengkalis atau Kabupaten/Kota lain di Riau yang dapat melayani uji KIR dengan sistem BLU elektronik seperti, di Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kampar dan Kabupaten Rengat.

 

“Jadi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kartu KIR, bisa melakukan uji KIR dibeberapa daerah di Riau yang sudah memiliki BLU elektronik,” imbuhnya.

Penggunaan BLU elektronik ini merupakan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan, dengan BLU elektronik, data uji kendaraan disimpan dalam bentuk data digital yang dapat diakses menggunakan alat khusus.

“Bukti lulus uji elektronik tersebut resmi diluncurkan oleh Menteri Perhubungan menggantikan bukti lulus uji KIR yang dulunya berbentuk buku. BLU elektronik akan menyimpan seluruh data pengujian berkala dalam format digital,” jelasnya.

Sebelumnya, pihak Dinas Perhubungan Kota Dumai telah menganggarkannya dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan 2020 sebesar Rp 350 juta. Namun, karena adanya pemangkasan anggaran, makanya pembelian alat dan kartu tersebut ditunda.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

2

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses

3

SSL 2024 Resmi Bergulir, Kompetisi Penuh, Ada 250 Pertandingan Semusim

4

MALAYA Research and Development Desak DPK APINDO Dumai

5

MALAYA Research and Development Taja Gerakan Kemas Kampoeng Dalam Musyawarah Ilmiah