MENU TUTUP

Saat Dirawat di RSUD, Napi Rutan Dumai mencoba Melarikan Diri

Ahad, 15 Agustus 2021 | 14:22:16 WIB
Saat Dirawat di RSUD, Napi Rutan Dumai mencoba Melarikan Diri

DUMAI (MR) - Satu orang narapidana (napi) dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Dumai, mencoba melarikan diri lewat jendela kamar RSUD Kota Dumai, ketika napi tersebut menjalani perawatan, Jumat (13/8/2021).

Napi yang berinisial YD ini, divonis 2 Tahun 6 bulan dengan kasus pengelapan, sudah menjalani hukuman selama 10 bulan ini, dirawat di ruangan Irna B RSUD, semenjak Selasa malam, karena mengidap penyakit Lever. 

Ketika dikonfirmasi terkait kejadian ini, Kepala Rutan (Karutan) Kelas II B Dumai Pance Daniel Panjaitan, A.Md.IP., S.H., M.M melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka. KPR) Pandu Akbar Wijayanto, S.Tr.Pas mengatakan, napi tersebut mencoba melarikan diri lewat jendela RSUD pada Jumat dini hari dan akhirnya napi tersebut berhasil ditangkap di areal lingkungan RSUD oleh Petugas Rutan Dumai dengan berkoordinasi dengan Security RSUD.

"YD mencoba mengelabui Petugas dengan melarikan diri dari penjagaan petugas yang menjaga di depan ruangan kamar RSUD pukul 01.45 WIB," kata Pandu. Minggu (15/8/2021).

Lebih lanjut Pandu menerangkan, "Awalnya pasien di sebelah napi dalam ruangan tersebut berteriak ketika melihat napi melarikan diri lewat jendela, dengan cepat petugas kami berkoordinasi dengan pihak Security RSUD dan tak berselang waktu lama, napi tersebut dapat ditangkap kembali."

Setelah napi tersebut dapat ditangkap kembali oleh petugas, lalu napi dibawa ke Rutan Dumai dan dimasukkan ke dalam kamar strap sel, setelah mendapat izin dibawa pulang dari dokter RSUD Dumai.

"Dengan mencoba melarikan diri, napi tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan Peraturan Kementerian Hukum dan HAM RI No 6 Tahun 2013, yakni segala hak-haknya akan dicabut, yang artinya napi tersebut tidak akan mendapat remisi dalam tahun ini dan kemungkinan akan dipindahkan," tutup Pandu.

Napi tersebut sudah merencanakan melarikan diri dengan menelpon kawannya melalui Handphone yang dipinjamnya dari pasien yang dirawat disebelah tempat tidurnya, untuk menjemputnya di areal Pasar Senggol Jalan Sudirman. (Vanche)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

2

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

3

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

4

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar

5

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses