MENU TUTUP

Bhabinkamtibmas Pangkalan Sesai tak Lekang oleh Waktu

Jumat, 09 Desember 2022 | 21:53:48 WIB
Bhabinkamtibmas Pangkalan Sesai tak Lekang oleh Waktu Aiptu Mustaqim, mengajar di TPQ di Zaidatul Mukarramah, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kota Dumai. Foto: Ist

DUMAI (MR) - Bhabinkamtibmas singkatan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Tugas pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini, dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa/kelurahan.

Tapi bagi Aiptu Mustaqim, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangkalan Sesai, Kota Dumai melakoni profesi "Pak Bhabin" lebih dari sekedar tugas di institusi kepolisian. Menjadi Bhabin baginya adalah pengabdian.

Bertemu dengan masyarakat, bahkan harus door to door, pada seluruh wilayah penugasannya serta membantu dalam pemecahan masalah yang dihadapi warga merupakan kebanggaan baginya.

Tak hanya itu, Aiptu Mustakim dengan sisi religiusnya turut berperan aktif sebagai Guru Mengaji di TPQ Zaidatul Mukarramah di Kelurahan Pangkalan Sesai. Kehadirannya membantu mengajar santri di sana. Ia pun disambut baik Kepala TPQ Zaidatul Mukarramah, Toto Mulyadi.

"Alhamdulillah Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangkalan Sesai, Aiptu Mustaqim aktf bersama kami dalam membina anak-anak di sini. Kami bangga dan merasa sangat terbantu, kami sangat berterima kasih," ujar Kepala TPQ Zaidatul Mukarramah, didampingi tokoh masyarakat Pangkalan Sesai.

Aiptu Mustaqim bukan asing lagi dengan masyarakat Kelurahan Pangkalan Sesai, Kota Dumai. Sejak tahun 2014 menjadi "Pak Bhabin" di Pangkalan Sesai yang artinya 8 tahun sudah beliau mendengarkan keluhan kesah warga. Sering pula dia terlibat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya.

Memelihara hubungan silaturahmi dan persaudaraan bagi Aiptu Mustaqim adalah keharusan. Hingga pria kelahiran Pulau Halang tahun 1979 silam ini mampu mendorong pelaksanaan pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat diwilayahnya.

Luar biasanya, bukan hanya soal keamanan dan pendidikan, ia juga ikut terlibat memajukan sektor Ketahanan Pangan di masyarakat. Bersama Babinsa Pangkalan Sesai dan warga dengan membentuk Kelompok Tani, bersinergi menanam ubi.

Hasilnya, juga luar biasa, kelompok tani tersebut mampu memproduksi ubi yang menjadi bahan baku perusahaan keripik cabe khas Kota Dumai yang sudah terkenal hingga mancanegara. 

Joko Waluyo, Anggota Kelompok Tani mengaku sangat terbantu dan terbimbing dengan kehadiran pak Bhabin selama ini. yang mana dirasakannya hasil panen diperoleh cukup memuaskan.

Pihak Kelurahan Pangkalan Sesai juga memberikan apresiasi atas peran serta dan kinerja Aiptu Mustaqim selama ini. Bahkan persoalan-persoalan di daerah tersebut bisa terselesaikan atas peran serta pak bhabin.

"Kami bangga dan berterima kasih karena pembianan yang dilakukan Aiptu Mustaqim, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangkalan Sesai di TPQ Zaidatul Mukarramah dan pembinaan bersama kelompok tani," ujar Suryani, Kasi Terantib Pangkalan Sesai. 

Atas loyalitas tanpa batas, dan Kinerja Bhabinkamtibmas Pangkalan Sesai yang tak Lekang oleh Waktu. Aiptu Mustaqim menjadi nominasi Bhabinkamtibmas yang akan memperoleh penghargaan oleh Kapolda Riau. 

Untuk itu, Walikota Dumai, H.Paisal, SKM, MARS turut mendukung dan mendoakan Aiptu Mustaqim. Orang nomor satu di Kota Dumai itu mengucapkan tahniah kepada Kapolres Dumai dan jajarannya serta khususnya bagi Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangkalan Sesai.

"Alhamdulillah atas nominasinya dan semoga menjadi yang terbaik bagi Aiptu Mustaqim. Semoga kedepannya tetap terus berinovasi dan berkarya serta bergandengan tangan dengan pemerintah Kota Dumai," tutupnya. (MR/RED)    

 

Profil Singkat Bhabinkamtibmas Pangkalan Sesai:

Nama                : Mustaqim

Tempat Lahir   : P. Halang 08-10-1979

Pangkat            : Aiptu

Berdinas           : Bhabinkamtibmas 

Kesatuan           : Polres Dumai (di Polsek Dumai Barat) 

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Besok Radja Langit Cup U-9 dan U-11 Digelar, 27 Tim Siap Berlaga

2

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

3

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

4

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

5

Letkol Inf Antony Tri Wibowo Hadiri Pembukaan Diksar Security di Teluk Makmur