MENU TUTUP

HPN 2023, Masih Ada Tokoh-Tokoh Pers Tidak Terekspos

Selasa, 07 Februari 2023 | 14:00:57 WIB
HPN 2023, Masih Ada Tokoh-Tokoh Pers Tidak Terekspos

MEDAN (MR) - Gelaran Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara (Sumut) ternyata membuka tabir masih ada banyak tokoh Pers dari Provinsi Sumatera Utara yang belum terpublikasikan atau terekspos secara luas.

Hal itu disampaikan Pengurus PWI Pusat diwakili Wakil Bendahara Umum, Dar Edi Yoga pada sesi temu Pers di ruangan Media Center HPN Sumut di Hotel Grand Mercure Medan Selasa, (7/2/2023).

“PWI Pusat sempat terkejut ternyata di Sumut banyak tokoh Pers yang tidak pernah diekspos seperti pendiri koran benih merdeka yang sudah terbit sebelum merdeka, ” ujar Yoga.

Untuk ini Yoga menyampaikan bahwasanya nanti pada puncak acara HPN dihadapan Presiden secara khusus akan diberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh Pers yang tidak muncul kepermukaan tersebut dibarengi dengan pemberian penghargaan MURI.

Dalam kesempatan ini Yoga menerangkan rangkaian kegiatan HPN 2023 di kota Medan yang telah sejak tadi telah melaksanakan berbagai diskusi dan seminar-seminar diawalli dengan seminar ‘Seruan Pers dari Sumatera Utara: Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat’ yang digelar di Ballroom Hotel Grand Mercure, waktunya mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Menghadirkan pembicara yang disiapkan panitia pelaksana (panpel) terdiri dari Johnny G. Plate – Menkominfo, Dr. Ichwan Azhari – Sejarawan Pers dari UNIMED, Dr. Abdul Wahid, M.Hum., M.Phil. – Sejarawan Pers UGM,.Prof. Dr. Nina Herlina, MS – Sejarawan Pers Unpad dan wartawan senior Asro Kamal Rokan.

Ditempat yang sama juga digelar seminar ‘Anugerah Jurnalistik Adinegoro’ yang diadakan di Ballroom Hotel Grand Mercure, waktunya dimulai pukul 13.30 – 16.00 WIB.

Para pembicara diantaranya Sri Mustika (Kategori Cetak), Priyambodo RH (Kategori Siber), Noorca M. Massardi (Kategori TV), R Niken Widiastuti (Kategori Radio), Reno Esnir (Kategori Foto), Dolorosa Sinaga (Kategori Karikatur), Apni Jaya Putra (Kategori Video) dan 7 pemenang Adinegoro

Kegiatan lainnya adalah seminar Internasional dengan tema “Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media yang Berkelanjutan” bertempat di Ruangan Amarylis, Hotel Grand Mercure mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Keynote Speech: Menkominfo dengan panel discussion: Emma Mcdonald, Senior Policy Adviser Minderoo Foundation, Rod Sims, Former Competition Chair of Australia, Agus Sudibyo, Initiator Indonesian Publishers Right Regulation dan Dahlan Dahi, CEO Tribunnews Network.

Sementara pada pukul 16.00 Wib dilaksanakan Pembukaan HPN yang ditandai dengan Pembukaan Pameran Pers , UMKM dan Metaverse di Komplek Astaka Pancing mulai pukul 16.00 WIB.

Pada HPN ini juga digelar seminar yang konsen mengkritisi terkait perimbangan bagi hasil antara Pemerintah Pusat dan Daerah Sumut yang mana diketahui Sumut ini merupakan Provinsi yang kaya tetapi bagi hasilnya tidak imbang dan itu konsen dan kritisi kita sehingga

“Kita juga telah membuka Forum Diskusi mengkritisi kapan gelanggang olah raga di bangun di Sumut. Supaya Pemerintah segera melakukan Peletakan batu pertama membangun sarana PON 2024,” ungkap Yoga.

Yoga juga mengajak wartawan Forum Unit Kantor Gubernur Provsu untuk ikut pada 9-10 Februari, tour ke Danau Toba bersama jajaran pengurus PWI Pusat dan PWI Sumut dan tamu undangan maupun peserta dari HPN 2023

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Besok Radja Langit Cup U-9 dan U-11 Digelar, 27 Tim Siap Berlaga

2

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

3

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

4

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

5

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi