MENU TUTUP

Serda Sugianto Harap Kerjasama Masyarakat Untuk Mencegah Karhutla

Ahad, 18 Juni 2023 | 12:16:35 WIB
Serda Sugianto Harap Kerjasama Masyarakat Untuk Mencegah Karhutla

DUMAI (MR) - Sabtu, 17 Juni 2023, Serda Sugianto, Babinsa Koramil 02/BK, melaksanakan patroli dan sosialisasi cegah karhutla (kebakaran hutan dan lahan) bersama masyarakat di Jalan Mataram, Kelurahan Bukit Kayu Kapur, kawasan mitigasi. 

Dalam kegiatan tersebut, Serda Sugianto juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat yang akan pergi ke ladang agar berhati-hati dan waspada terhadap percikan api dari rokok mereka, serta segera melaporkan kepada pihak terkait jika melihat adanya titik api. Hal ini dikarenakan cuaca telah cukup panas dalam beberapa hari terakhir.

Dalam sosialisasinya, Serda Sugianto menjelaskan pentingnya pencegahan karhutla untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menghindari dampak buruk yang dapat ditimbulkan, seperti kabut asap yang berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan merugikan sektor ekonomi. Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan membakar sampah atau melakukan aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran.

Babinsa juga menyoroti peran penting masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keselamatan lingkungan sekitar. Ia menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap kemungkinan timbulnya titik api, terutama di kawasan ladang yang rawan kebakaran. Serda Sugianto menekankan perlunya melaporkan segera kepada pihak terkait, seperti aparat keamanan atau pemadam kebakaran, apabila ada indikasi atau kecurigaan terhadap kebakaran.

Dalam kunjungannya, Serda Sugianto juga berdialog langsung dengan beberapa warga yang tengah beraktivitas di ladang. Ia memberikan pengarahan tentang bahaya karhutla dan memberikan informasi tentang cara pencegahannya, termasuk penggunaan alat pemadaman yang tepat.

Masyarakat yang mendapat sosialisasi tersebut mengapresiasi kehadiran Babinsa dan penjelasan yang diberikan. Mereka berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan dan mencegah karhutla. Warga berjanji akan saling mengingatkan dan melaporkan apabila melihat tanda-tanda kebakaran atau perilaku yang berpotensi memicu kebakaran.

Serda Sugianto berharap, melalui kegiatan patroli dan sosialisasi ini, kesadaran masyarakat terhadap pencegahan karhutla semakin meningkat. 

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam dan melindungi lingkungan agar terhindar dari kebakaran yang dapat membahayakan kehidupan dan sumber daya alam," Katanya.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses

2

SSL 2024 Resmi Bergulir, Kompetisi Penuh, Ada 250 Pertandingan Semusim

3

MALAYA Research and Development Desak DPK APINDO Dumai

4

MALAYA Research and Development Taja Gerakan Kemas Kampoeng Dalam Musyawarah Ilmiah

5

Dandim 0320/Dumai Ajak Masyarakat Sukseskan Pemilihan Suara Ulang (PSU)