MENU TUTUP

Babinsa Koramil 06/Merbau Sisir Beberapa Wilayah Cegah Karhutla

Rabu, 26 Juli 2023 | 12:30:43 WIB
Babinsa Koramil 06/Merbau Sisir Beberapa Wilayah Cegah Karhutla

BENGKALIS (MR) - Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis, Babinsa dari Koramil tersebut, Pelda A. Nababan, dan Kopda Ricko, rutin melakukan kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan secara teratur guna meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif warga dalam menjaga lingkungan dan mencegah bahaya karhutla.

Kali ini, patroli dilaksanakan di lahan bergambut kering yang menjadi salah satu titik rawan di Desa Dedap, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti. Patroli ini melibatkan Babinsa Koramil 06/Merbau dan sejumlah warga dari Desa Dedap.

Pada kesempatan patroli ini, Pelda A. Nababan menyampaikan pesan penting kepada masyarakat yang ditemui saat patroli. Himbauan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla serta mendorong partisipasi mereka dalam menjaga dan melindungi lingkungan dari ancaman kebakaran.

"Pada setiap pelaksanaan patroli Karhutla, Babinsa selalu memberikan himbauan kepada masyarakat yang mereka temui saat patroli untuk bersama-sama ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Desa Dedap, khususnya di titik-titik tertentu yang rawan dengan kebakaran," ujar Pelda A. Nababan.

Lebih lanjut, Pelda A. Nababan menyampaikan bahwa pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan, terutama membuka lahan dengan cara dibakar. Tindakan tersebut tidak hanya merugikan lingkungan, tetapi juga melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, sosialisasi dan himbauan yang disampaikan pada patroli tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat lebih paham akan dampak negatif dari karhutla dan mencegah pelanggaran hukum yang berpotensi dipidanakan.

Masyarakat Desa Dedap sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Merbau, Pelda A. Nababan, dan Kopda Ricko, yang secara aktif terlibat dalam kegiatan patroli dan komsos untuk cegah karhutla. Semua pihak berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan dan melindungi wilayah dari risiko karhutla.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

2

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses

3

SSL 2024 Resmi Bergulir, Kompetisi Penuh, Ada 250 Pertandingan Semusim

4

Danramil 02/BK Cek Kesiapan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

5

MALAYA Research and Development Desak DPK APINDO Dumai