MENU TUTUP

TMMD ke 117, Bhakti TNI Membangun Desa Untuk Mensejahterakan Bangsa

Rabu, 02 Agustus 2023 | 13:29:51 WIB
TMMD ke 117, Bhakti TNI Membangun Desa Untuk Mensejahterakan Bangsa

DUMAI (MR) - Saat sang fajar masih mengintai dari sebalik sekumpulan awan pagi, ratusan prajurit TNI sudah berkumpul dan tumpah ruah di lapangan upacara Sekolah jauh SMAN 4 Kelurahan Sungai Geniot, (12/7).

Terlihat, beberapa dari mereka sedang sibuk menyiapkan perlengkapan untuk pelaksanaan upacara yang sudah diagendakan, seperti penyiapan genset, pengecekan lapangan dan pengecekan personil serta beberapa persiapan yang dianggap perlu.

Jam saat itu menunjukkan sekira pukul 09.30 WIB, para peserta upacara mulai berdatangan, baik dari Forkompinda, mahasiswa, perangkat daerah serta beberapa tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan ormas.

Saat padatnya para peserta upacara berbondong-bondong untuk memenuhi dan mengisi setiap barisan yang sudah disiapkan, dengan menggunakan baju putih dan celana hitam disertai senyum dan berkacamata, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai H Indra Gunawan terlihat turut turun dari kendaraan dinasnya.

Ia pun disambut langsung oleh Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117, Letkol Inf Anthony Tri Wibowo yang juga merupakan Dandim 0320/Dumai.

Pagi itu, tepat pukul 10.00 WIB, upacara operasi Satgas TMMD ke 117 di Kelurahan Sungai Geniot dimulai, bertindak sebagai komandan upacara, Pasilog Kodim 0320/Dumai, Kapten Inf Sayidina Ali, mengawal Sekda Dumai yang menjadi inspektur upacara untuk melakukan pengecekan gelar pasukan.

Terlihat, H Indra Gunawan mendatangi satu persatu barisan satgas yang siap tempur untuk membangun dan memperbaiki fasilitas umum di Sasaran TMMD di Sungai Geniot.

Selanjutnya, pada amanatnya, mewakili Walikota Dumai, Sekda mengucapkan terima kasih atas program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 ini, ia pun mengapresiasi semangat TNI yang siap membantu pemerintah dalam mensejahterakan dan mengayomi rakyat.

"Kami, selaku pemerintah Kota Dumai sangat mengapresiasi kegiatan TMMD yang mengedepankan semangat untuk Gotong Royong Bersama mensejahterakan dan mengayomi rakyat," Katanya.

Ia juga berharap, kegiatan TMMD ini juga dapat merubah sendi-sendi kehidupan sehari-hari masyarakat, agar kedepannya bisa menjadi lebih baik.

"TMMD adalah salah satu bentuk perhatian yang diberikan untuk masyarakat agar bisa membantu sendi-sendi kehidupan sehari-hari mereka," Tambah Sekda.

Langsung Kebut Pengerjaan

Selepas dibuka secara resmi oleh Sekda Dumai dan Disaksikan oleh Dansatgas TMMD Letkol Inf Anthony Tri Wibowo beserta tamu undangan, satgas pelaksanaan TMMD langsung tancap gas melakukan penaburan batu base di Jalan Alur Gajah yang merupakan sasaran Fisik Pertama.

Dibawah matahari yang terik, satgas terus melaksanakan tugasnya dengan semangat, menggunakan cangkul, skop dan beberapa alat tradisional lainnya, satgas sepertinya tidak kenal lelah. 

Dipilihnya Jalan Alur Gajah sebagai sasaran pertama kegiatan TMMD bukan tanpa alasan, jalan ini merupakan salah satu akses utama masyarakat yang hendak pergi ke sekolah maupun bekerja, kondisi yang sangat memperihatinkan dan jauh dari kata layak menjadikan jalan Alur Gajah menjadi prioritas utama.

Jika hujan tiba, jalan ini akan berubah menjadi kubangan lumpur yang menjadikan masyarakat sangat kesulitan untuk melintasinya.

Jika dilihat lebih lanjut, ternyata pertempuran perbaikan jalan ini tidak hanya dilakukan oleh TNI saja, namun masyarakat setempat secara sukarela juga turut membantu, bahkan tidak sedikit dari mereka yang menggunakan alat sendiri.

Dengan menggunakan baju setengah lengan dan topi berwarna, tidak ada sedikitpun terlihat rasa lelah dari raut wajah sugeng, meski pun pengerjaan ini tidaklah mudah dan berat.

Sugeng mengaku senang dan bangga karena kampungnya tidak lama lagi akan berubah wajah dan mudah-mudahan akan menjadi lebih baik.

"Terima kasih pak TNI, saya sangat bersyukur atas terlaksananya perbaikan jalan di kampung saya ini, mudah-mudahan kedepannya bisa kita kerjakan ke tahap yang lebih baiknya," Kata Sugeng.

Perangkat Daerah Sungai Geniot Mengaku Senang

Ketua RT 03, Ritawati, mengaku senang karena wilayahnya dipilih menjadi pusat kegiatan TMMD ke 117 tahun 2023, saat ditemui dirumahnya, Wanita ini juga turut mengapresiasi semangat TNI yang terus peduli terhadap masyarakat.

Tak hanya itu, sebagai ketua RT, Ritawati menilai segala bentuk kegiatan yang dilakukan selama proses pelaksanaan TMMD baik itu perbaikan infrastruktur maupun penyuluhan kepada masyarakat mempunyai nilai yang patut dibanggakan.

Karena ia menganggap bahwa kegiatan mempunyai dampak langsung yang bisa dirasakan oleh masyarakat karena ini menjadi kebutuhan yang utama.

Hal yang sama juga disampaikan oleh subakti selaku ketua RT 04, ia menambahkan, sejak mekar dari kelurahan Basilam Baru, dukungan dan perhatian infrastruktur memang sangat dibutuhkan.

"Perhatian memang sangat kamu butuhkan untuk kemajuan infrastruktur masyarakat di daerah kami, dengan TMMD ini kami sangat merasa tertolong," Jelasnya.

Selain itu, Lurah Sungai Geniot Abdul Hafiz juga turut memberikan apresiasi kepada kegiatan TMMD tersebut, apalagi tidak hanya infrastruktur saja yang menjadi fokus utama, namun juga turut ada pemberian edukasi berupa penyuluhan kepada masyarakat.

Hal ini tentu saja sangat berguna demi menambah wawasan masyarakat yang ada di kelurahan Sungai Geniot.

"Alhamdulillah, tak hanya infrastruktur yang menjadi perhatian, namun penambahan edukasi dan wawasan masyarakat juga turut diperhatikan dalam pelaksanaan TMMD ini, kami sangat merasa senang, kami harapkan, kedepannya kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan kembali di wilayah kami," Kata Lurah.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

2

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses

3

SSL 2024 Resmi Bergulir, Kompetisi Penuh, Ada 250 Pertandingan Semusim

4

Danramil 02/BK Cek Kesiapan Lahan Untuk Ketahanan Pangan

5

MALAYA Research and Development Desak DPK APINDO Dumai