MENU TUTUP

Babinsa Koramil-01/Dumai Aktif Cegah Karhutla di Wilayah Rawan

Jumat, 03 Mei 2024 | 13:05:11 WIB
Babinsa Koramil-01/Dumai Aktif Cegah Karhutla di Wilayah Rawan

DUMAI (MR) - Babinsa Koramil-01/Dumai Serma Fahrizal Purba, secara aktif terlibat dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Binaannya.

Serma Fahrizal Purba melakukan kegiatan patroli Karhutla di wilayah yang rawan akan kebakaran, khususnya di RT 01. Selain melakukan patroli, Serma Fahrizal Purba juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya membuka lahan dengan cara membakar.

Menurut Serma Fahrizal Purba, langkah-langkah preventif seperti patroli dan sosialisasi sangat penting untuk mengurangi risiko Karhutla, terutama saat musim kemarau. 

"Kami berusaha keras untuk mencegah terjadinya Karhutla dengan melakukan patroli secara rutin dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak menggunakan cara membakar dalam membuka lahan," ujarnya.

Serma Fahrizal Purba juga menekankan pentingnya peran serta aktif masyarakat dalam mencegah Karhutla. 

"Kami mengajak seluruh masyarakat Dumai untuk peduli dan ikut serta dalam upaya pencegahan Karhutla ini. Semua pihak harus bekerja sama agar kita dapat menghindari bencana yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan," tambahnya.

Sementara itu, Babinsa Kelurahan Bukit Timah, yang merupakan bagian dari Koramil-01/Dumai, terus menggencarkan sosialisasi tentang bahaya Karhutla kepada masyarakat setempat. 

"Kami terus berupaya mengedukasi masyarakat agar lebih sadar akan bahaya Karhutla dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkap Serma Fahrizal Purba.

Upaya preventif ini merupakan bagian dari langkah antisipasi yang harus dimulai sejak dini. 

"Kita tidak bisa menunggu musim kemarau tiba baru bergerak. Kita harus mulai sekarang untuk mempersiapkan diri dan mencegah terjadinya Karhutla," tegas Serma Fahrizal Purba.

Dalam kesempatan ini, Serma Fahrizal Purba juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan memperhatikan upaya-upaya pencegahan Karhutla. 

"Kesejahteraan dan keselamatan kita semua bergantung pada kepedulian dan tindakan kita dalam mencegah Karhutla," pungkasnya.

 

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Bawaslu Dumai Gelar Rapat Koordinasi Rekrutmen PKD

2

Dandim 0320/Dumai Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Seluas 150 Hektar di Tanjung Penyembal

3

Babinsa Bukit Nenas Berikan Bantuan Sosial Kepada Warga Kurang Mampu

4

Babinsa Sertu Mahyudin Ajak Warga Kelurahan Purnama Cegah Penyakit Mulut dan Kuku

5

Dorongan Masyarakat dan Restu Ibunda, Ferdiansyah Siap Bertarung Pada Pilkada Serentak 2024