MENU TUTUP

Babinsa Koramil-01/Dumai Lakukan Patroli Karhutla di Kelurahan Ratu Sima

Jumat, 24 Mei 2024 | 12:03:27 WIB
Babinsa Koramil-01/Dumai Lakukan Patroli Karhutla di Kelurahan Ratu Sima

DUMAI (MR) - Babinsa Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan, Sertu Abu Kosim dari Koramil-01/Dumai Kodim 0320/Dumai melaksanakan patroli untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah yang rawan akan Karhutla, tepatnya di RT 28. 

Dalam kegiatan tersebut, Sertu Abu Kosim juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat mengenai bahaya membuka lahan dengan cara membakar, (24/5).

Patroli ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan TNI AD melalui Koramil-01/Dumai untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya Karhutla yang sering kali terjadi pada musim kemarau. 

"Kami rutin melakukan patroli di wilayah-wilayah yang rawan akan Karhutla, terutama di RT 28 ini yang memiliki potensi besar terjadinya kebakaran hutan," ujar Sertu Abu Kosim.

Dalam kegiatan tersebut, Sertu Abu Kosim juga menyempatkan diri berdialog dengan warga setempat untuk memberikan pemahaman tentang dampak negatif dari membakar lahan. 

"Kami menyampaikan kepada masyarakat bahwa cara membuka lahan dengan membakar sangat berbahaya. Selain merusak lingkungan, asap yang dihasilkan juga dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari," tambahnya.

Sertu Abu Kosim menegaskan pentingnya kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan. 

"Kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuka lahan melalui pembakaran. Kami juga memberikan alternatif cara membuka lahan yang lebih ramah lingkungan dan aman," ungkapnya.

Selain patroli dan sosialisasi, Babinsa juga memberikan edukasi mengenai langkah-langkah pencegahan Karhutla. 

"Kami memberikan panduan kepada masyarakat tentang cara-cara mencegah Karhutla, seperti membuat sekat bakar dan menjaga kelembaban tanah di sekitar lahan," jelas Sertu Abu Kosim.

Patroli dan sosialisasi yang dilakukan oleh Babinsa mendapat apresiasi dari warga setempat. 

"Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah peduli dan memberikan edukasi kepada kami tentang bahaya Karhutla. Kami akan berusaha mengikuti arahan yang diberikan," kata salah satu warga RT 28.

Dengan upaya berkelanjutan dari Babinsa Koramil-01/Dumai dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan kejadian Karhutla di wilayah Dumai Selatan dapat diminimalisir, sehingga lingkungan tetap terjaga dan masyarakat dapat hidup dengan lebih sehat dan aman.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

2

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

3

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

4

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

5

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar