MENU TUTUP

Untuk Penerbitan Akta dan KIA, Disdukcapil Dumai-RSUD Bekerjasama

Senin, 30 April 2018 | 18:27:05 WIB
Untuk Penerbitan Akta dan KIA, Disdukcapil Dumai-RSUD Bekerjasama
DUMAI (MR) - Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kota Dumai dan RSUD setempat bekerjasama penerbitan akta kelahiran dan kartu identitas anak untuk kemudahan ibu melahirkan dan menjalani persalinan di rumah sakit.
 
Kepala Disdukcapil Dumai Suardi mengatakan, kerjasama penerbitan akta kelahiran dan KIA ini dalam rangka mempermudah pelayanan bagi masyarakat dalam kepengurusan dokumen kependudukan bayi lahir di rumah sakit.
 
"Kerjasama ini penting untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan akte dan kia," kata Suardi kepada pers baru ini.
 
Disebutkan, setiap masyarakat yang melahirkan di RSUD, bayi lahir akan langsung memiliki akte dan KIA, sehingga orangtua tidak susah payah lagi mengurus, namun tetap wajib memenuhi persyaratan administrasi.
 
Selain menjalin kerjasama dengan RSUD, Disdukcapil Dumai juga berencana akan menjalin kerjasama dengan pihak lain secara bertahap untuk kemudahan pelayanan akta kelahiran dan KIA, seperti rumah sakit swasta dan bidan.
 
Sementara, Direktur RSUD Dumai Syaiful menyatakan sangat mendukung program tertib administrasi kependudukan ini dan siap membantu pelayanan penerbitan akta dan KIA tersebut.
 
"Sangat kita dukung program ini, dan satu petugas akan disiapkan untuk menangani dan melayani kepengurusan akte dan kia," kata Syaiful.
 
Menurutnya, untuk pelayanan ini akan memakai sistem pelayanan berbasis online, sebagai salah satu upaya pemanfaatan kecanggihan teknologi dan persiapan Dumai menuju Smart City atau kota pintar.
 
Diharapkan dengan kerjasama ini dapat memberikan kemudahan pada masyarakat dalam menerima pelayanan dari instansi pemerintah.
 
Secara resmi penerbitan akta kelahiran dan KIA ini sudah dimulai, dan penyerahan perdana langsung dilakukan Wali Kota Dumai Zulkifli As bersama Ketua DPRD Gusri Effendi kepada dua bayi baru lahir bertepatan dengan 27 April 2018, diperingati sebagai hari jadi Kota Dumai. 
 
 
 
 
Sumber : MCR

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

2

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

3

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

4

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar

5

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses