MENU TUTUP

Ini Respon Singapura Terkait Travel Bubble Di Kepulauan Riau

Kamis, 17 Februari 2022 | 11:51:25 WIB
Ini Respon Singapura Terkait Travel Bubble Di  Kepulauan Riau Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar

BATAM (MR) - Otoritas Singapura akhirnya memberikan lampu hijau untuk lalu lintas di perbatasan Singapura - Indonesia lewat Batam dan Bintan, Kepulauan Riau. Kerja sama travel bubble Batam Bintan - Singapura ini dapat berjalan mulai pekan ini.

Demikian penjelasan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Buralimar, Senin, 14 Februari lalu. 

Sejak uji coba travel bubble Batam Bintan - Singapura berlangsung pada 24 Januari 2022, belum ada satu pun wisatawan dari Singapura yang masuk ke Batam dan Bintan. Salah satu sebabnya, otoritas Singapura belum menerbitkan ketentuan teknis tentang lalu lintas perjalanan antar-negara dalam lingkup terbatas ini.

Pada pekan lalu, Immigration and Checkpoints Authority atau ICA Singapura mengeluarkan aturan wisatawan yang hendak ke Batam dan Bintan. Berikut ketentuan bagi wisatawan dari Singapura yang ingin masuk ke Indonesia lewat skema travel bubble Batam dan Bintan:

Wisatawan yang hendak berangkat dari Singapura ke Batam atau Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia, harus tinggal dulu selama 14 hari di Singapura.

Wajib menjalani tes PCR sebanyak dua kali dengan hasil negatif. Tes tersebut dilakukan maksimal 72 jam atau tiga hari sebelum berangkat dan setiba di Pelabuhan Nongsa Pura, Batam.

Wisatawan yang hendak ke Batam juga harus memiliki asuransi Covid-19 sebesar 30 ribu Dolar Singapur atau sekitar Rp 318 juta. Asuransi ini harus tertera saat membeli tiket kapal.

Wisatawan harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan electronic Indonesia Health Alert Card atau e-HAC setiba di Pelabuhan Nongsa Pura, Batam.

Saat hendak kembali ke Singapura, wisatawan tidak perlu lagi menjalani tes PCR. Cukup dengan hasil negatif Covid-19 berdasarkan tes antigen sebelum berangkat. Namun demikian, mereka harus menjalani isolasi mandiri selama tujuh hari sesampainya di Singapura. (Rudi) 

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

2

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

3

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

4

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

5

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78