MENU TUTUP

Kemenkes Sebut Paket Obat Isoman Diterima H+1 Setelah Pemesanan

Sabtu, 19 Februari 2022 | 13:35:00 WIB
Kemenkes Sebut Paket Obat Isoman Diterima H+1 Setelah Pemesanan Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) memang memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri. Selain itu pasien Covid-19 pun bisa mendapatkan pengobatan gratis.

Paket obat tersebut didapatkan, bagi mereka yang sudah berkonsultasi dengan tenaga kesehatan secara online dan melakukan proses penebusan obat gratis dari Kemenkes dan diantarkan ke rumah. Dari data Kemenkes, 85% di antaranya menerima obat H+1 sejak dipesan.

“Kita terus meningkatkan layanan telemedisin agar paket obat yang sampai ke pasien lebih cepat lagi,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dikutip dalam laman resmi Kemenkes pada Sabtu (19/2/2022)

Disampaikan pula bahwa penanganan Covid-19 yang didominasi varian Omicron terus ditingkatkan pemerintah di tengah lonjakan kasus. Hingga Jumat (18/2) pukul 18:00 WIB, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit berada diposisi 37 persen dari total kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU Covid-19 nasional. Angka ini naik 1 persen dari kemarin (17/2) sebesar 36 persen.

Lebih lanjut, dr. Nadia mengatakan masyarakat yang isoman dapat memperoleh fasilitas pengobatan yang memadai, sehingga mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit. Sehingga hanya pasien Covid-19 bergejala sedang hingga kritis atau yang memiliki komorbid saja yang dirawat di rumah sakit mampu menekan angka pasien dirawat.

"Data menunjukkan fasilitas layanan kesehatan nasional kita masih memadai. Angka ini pun masih mengacu pada kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU Covid-19 yang terpasang saat ini, belum kapasitas maksimal yang dapat ditambah menjadi 150.000 tempat tidur isolasi dan ICU,” jelas dr. Nadia

Layanan telemedisin gratis Kementerian Kesehatan dapat diakses bagi masyarakat yang melakukan tes PCR/Antigen di Lab yang terafiliasi Kementerian Kesehatan, berusia di atas 18 tahun dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Karawang, Bandung, Semarang Raya, Surakarta Raya, Kota Yogyakarta, Surabaya Raya, Malang Raya, Kota Denpasar, dan Nusa Dua."*** (Okezone)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dandim 0320/Dumai Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Seluas 150 Hektar di Tanjung Penyembal

2

Babinsa Sertu Mahyudin Ajak Warga Kelurahan Purnama Cegah Penyakit Mulut dan Kuku

3

Dorongan Masyarakat dan Restu Ibunda, Ferdiansyah Siap Bertarung Pada Pilkada Serentak 2024

4

Babinsa Sertu Jainal Arifin Dorong Kolaborasi Warga dan Aparat untuk Keamanan Wilayah

5

Babinsa Sertu Sareh Lakukan Pengecekan Kanal Sumber Air Bersama Security PT Ararabadi