MENU TUTUP

PHR Dukung Pengembangan Ekoriparian di Kampus UMRI untuk Hijaukan Blok Rokan

Ahad, 11 Juni 2023 | 08:29:02 WIB
PHR Dukung Pengembangan Ekoriparian di Kampus UMRI untuk Hijaukan Blok Rokan Penandatanganan Nota Kesepahaman UMRI dan PT Pertamina Hulu Rokan dalam Program Pengembangan Ekoriparian di Kampus UMRI, Pekanbaru, Jumat (8/9/2023).

PEKANBARU (MR) – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mendukung rencana pengembangan fasilitas Ekoriparian di depan kampus Universitas Muhammadyah Riau (UMRI), Pekanbaru. Program ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PHR yang diwakili Corporate Secretary Rudi Ariffianto dengan Rektor UMRI Saidul Amin, di Ruang Pertemuan Rektorat UMRI, Kamis (8/6/2023).

Kesepakatan bersama ini turut disaksikan Kepala DepartemenFormalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagut YaninKholison serta dihadiri segenap Civitas Akademika UMRI.

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan, pengembangan Ekoriparian merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR sebagaiupaya melindungi lingkungan sekaligus bisa memberikan nilaitambah (value) bagi masyarakat luas.

“Keberadaan Ekoriparian ini nantinya diharapkan menjadi oasedi tengah kota Pekanbaru, tidak hanya bagi lingkungan kampustapi juga bisa dinikmati masyarakat luas,” katanya.

Menurut Rudi, rencana pembangunan Ekoriparian sekaligusmenindaklanjuti amanat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) sebagai upaya mengurangi pencemaranpada aliran air (sungai).

Konsep pembangunan ruang terbuka hijau yang diintegrasikandengan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) ini diharapkantidak hanya sebagi wadah penyaringan (filterisasi) air limbah, namun juga sebagai tempat edukasi dan ekowisata bagimasyarakat.

“Juga bisa menjadi taman belajar bagi mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengkampanyekan pentingnyamenjaga ekosistem dan lingkungan hidup,” tuturnya.

Rudi mengapresiasi jajaran Civitas Akademika UMRI atasdukungan dalam pengembangan fasilitas Ekoriparian. Melaluikemitraan dunia pendidikan dan dunia industri ini diharapkandapat mendorong UMRI sebagai kampus terdepan berwawasanlingkungan serta mengedukasi masyarakat untuk melestarikanlingkungan.

Sementara itu, Rektor UMRI Saidul Amin menyambut baikrencana pembangunan Ekoriparian di kampus tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya ataspengembangan Ekoriparian ini. Kami berharap rencana ini bisaterealisasikan sehingga menambah kebanggaan kami di Universitas Muhammadyah. Semoga kerja sama ini berlangsungdengan baik dan saling mengisi satu sama lain,” tuturnya.

Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK MigasSumbagut, Yanin Kholison mengatakan pihaknya terusmendorong kegiatan PHR yang memberikan manfaat bagimasyarakat luas. Selain program lingkungan, diharapkanberkembang bentuk dukungan yg lebih berkelanjutan, antara lain pengembangan program ekonomi UMKM dan kegiatan kreatiflainnya disekitar area  Ekoriparian dan Taman Kehati.

“Kami harapkan kerja sama ini menjadi bentuk dukunganterhadap kelancaran kegiatan operasional pengeboran dan peningkatan produksi di Blok Rokan secara masif dan agresifdengan tetap memperhatikan aspek keselamatan dan perlindungan lingkungan secara berkelanjutan", pungkas Yanin.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Awal Agustus, Persekat Gelar Bocil Fun League U-8 Musim ke-2

2

Tempat Pelatihan Diksar Satpam PT Maritim Dua Satu Diresmikan

3

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

4

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

5

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78