MENU TUTUP

Dinas PUTR Rohil Gencar Lakukan Normalisasi Sungai dan Parit di Kecamatan Bangko dan Sinaboi

Rabu, 21 Juni 2023 | 15:34:22 WIB
Dinas PUTR Rohil Gencar Lakukan Normalisasi Sungai dan Parit di Kecamatan Bangko dan Sinaboi Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUTR Rokan Hilir, Hermanto saat melakukan pengawasan di lokasi.

ROHIL (MR) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir melalui Dinas Pengerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) sedang melaksanakan proyek normalisasi sungai dan parit di Kecamatan Bangko dan Kecamatan Sinaboi untuk tahun anggaran (TA) 2023.

Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas PUTR Rokan Hilir, Asnar Bono melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) PUTR Rohil, Hermanto, saat berada diseputaran Parit Atmo Kecamatan Bangko, Selasa, (20/6/2023).

Dia mengatakan, pengerjaan normalisasi sungai dan parit ini sudah  dilakukan sebelum bulan puasa kemarin, yang dilakukan secara swakelola, dengan target sebanyak lima titik yang di fokuskan di Kecamatan Sinaboi.

Hermanto memaparkan bahwa normalisasi ini dilakukan sebagai respons terhadap permintaan masyarakat beserta Datuk Penghulu setempat. Terutama dalam rangka mengurangi risiko dan mengantisipasi terjadinya banjir saat curah hujan tinggi.

"Saat ini kita juga menormalisasi parit Atmo sepanjang 2 kilo meter. Mulai dari laut Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir hingga sampai ke jembatan kedua kepenghuluan Bagan Punak," terangnya.

Hermanto menambahkan bahwa normalisasi Parit Atmo ini dilakukan secara rutin setiap tahun, khususnya pada bulan September sampai Desember, sebagai upaya untuk mengatasi banjir. 

"Untuk alat dan operator sudah standby semuanya. Alat kita ada 7 unit, long Arm 3 unit dan  standar 4 unit. Sekarang terus beroperasi menormalisasi sungai di Kecamatan Bangko dan Kecamatan Sinaboi," imbuh dia.

Datuk Penghulu Bagan Punak Meranti Normansyah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong melalui Kabid SDM Hermanto yang telah tanggap dalam mengantisipasi penanggulangan banjir di Kecamatan Bangko.

"Terimakasih pak bupati, yang sudah melakukan antisipasi penanggulangan banjir secara dini, terutama di Kepenghuluan Bagan Punak Meranti," katanya.

Meskipun curah hujan saat ini masih minim, namun sudah terdapat beberapa lokasi yang terendam banjir akibat dari curah hujan dua terakhir. (Wisman)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

DUMAI SHOTS: Mengabadikan Momen Berolahraga

2

Babinsa Hadiri Penilaian Lomba Penanganan Stunting di Posyandu Cempaka

3

Babinsa Dumai Timur Lakukan Sosialisasi PMK di Peternakan RT 22

4

Bawaslu Dumai Gelar Rapat Koordinasi Rekrutmen PKD

5

Dinas Perikanan Kota Dumai Sahkan Pokdakan PRABU JAYA