MENU TUTUP

Mewaspadai Penyebaran PMK, Serka Tomy Mike Laksanakan Pencegahan

Ahad, 17 Desember 2023 | 11:29:07 WIB
Mewaspadai Penyebaran PMK, Serka Tomy Mike Laksanakan Pencegahan

DUMAI (MR) - Babinsa Kelurahan Bukit Kayu Kapur, Kecamatan Bukit Kapur, Serka Tomy Mike G.A., melaksanakan kegiatan pendampingan, pemantauan, dan sosialisasi penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak kambing kepada pemilik ternak Sugeng di Jalan Pendidikan RT. 05, Sabtu (16/12).

Dalam kegiatan tersebut, Serka Tomy Mike G.A. memberikan sosialisasi kepada Sugeng tentang ciri-ciri hewan ternak yang terjangkit PMK, yaitu demam tinggi, keluar lendir berlebihan dari mulut dan hidung, luka pada mulut dan lidah, serta pincang.

Serka Tomy Mike G.A. juga mengingatkan kepada Sugeng agar menjaga kebersihan kandang dan ternak. Kandang harus selalu dibersihkan dan disinfektan agar tidak menjadi tempat berkembang biak virus PMK.

"Saya mengimbau kepada warga agar segera melaporkan kepada petugas kesehatan hewan apabila menemukan hewan ternak yang terjangkit PMK," ujar Serka Tomy Mike G.A.

Sugeng, selaku pemilik ternak, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa. Ia mengatakan bahwa sosialisasi tersebut sangat bermanfaat baginya.

"Terima kasih atas sosialisasinya. Saya akan mengikuti saran-saran yang diberikan oleh Bapak Babinsa agar ternak saya terhindar dari PMK," kata Sugeng.

Hasil dari pemeriksaan hewan ternak tersebut dinyatakan sehat dan tidak terjangkit penyakit. Namun, Serka Tomy Mike G.A. tetap mengimbau kepada Sugeng untuk tetap menjaga kebersihan kandang dan ternak agar terhindar dari PMK.

Diharapkan, melalui kegiatan pendampingan, pemantauan, dan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah penyebaran PMK.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau

2

Kadishub Dumai Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Qurban

3

Bencana Sumbar, IKMR Dumai Tutup Galang Dana

4

Babinsa Sertu Roni Sandra Hadiri Peresmian PT. Mitra Bandar Bertuah di Bukit Nenas

5

Keluarga Besar Labay Bersaudara Pererat Hubungan Silaturahmi, Begini Penjelasan Zakaria