MENU TUTUP

Serka Suandi Berikan Pendampingan Kepada Masyarakat dan Peternak Untuk Mengenal Apa Itu PMK

Sabtu, 23 Desember 2023 | 12:14:52 WIB
Serka Suandi Berikan Pendampingan Kepada Masyarakat dan Peternak Untuk Mengenal Apa Itu PMK

DUMAI (MR) - Babinsa Koramil 01/Dumai, Serka Suandi, melaksanakan sosialisasi pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) di RT 03 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Sabtu (23/12/2023).

Dalam sosialisasi tersebut, Serka Suandi menyampaikan bahwa PMK merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku genap, seperti sapi, kambing, domba, dan babi. Gejala PMK antara lain demam tinggi, mulut berbusa, dan kuku terlepas.

"PMK dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup besar bagi peternak. Oleh karena itu, kita perlu mencegah penyebaran PMK," ujar Serka Suandi.

Serka Suandi juga memberikan tips pencegahan PMK, yaitu, Menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya, Melakukan pemeriksaan kesehatan hewan secara rutin, Melakukan vaksinasi PMK dan Membatasi interaksi antar hewan.

Dalam kesempatan tersebut, Serka Suandi juga mengingatkan kepada peternak agar kandang tetap bersih dan ternak tetap sehat.

"Kandang harus selalu dibersihkan dan disterilkan. Ternak juga harus diberi pakan yang berkualitas dan cukup air minum," kata Serka Suandi.

Pemilik peternakan, Madi, menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut. Ia mengaku sangat terbantu dengan sosialisasi yang diberikan oleh Babinsa.

"Saya sangat berterima kasih kepada Babinsa yang sudah memberikan sosialisasi tentang PMK. Saya akan mengikuti imbauan Babinsa untuk mencegah penyebaran PMK," ujar Madi.

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Babinsa Sertu Roni Sandra Hadiri Peresmian PT. Mitra Bandar Bertuah di Bukit Nenas

2

Keluarga Besar Labay Bersaudara Pererat Hubungan Silaturahmi, Begini Penjelasan Zakaria

3

Hari Kedua, KNPI Dumai Semangat Galang Dana untuk Korban Bencana Sumatera Barat

4
Pendaftaran Bacalon Walikota Dumai

Ferdiansyah jadi yang Pertama Kembalikan Berkas ke PKS Dumai

5

Dandim Dumai Hadiri Grand Opening NARAY HOSPITAL