MENU TUTUP

Asosiasi Ahli K3 Dumai Gelar Seminar Nasional K3

Selasa, 22 Januari 2019 | 16:16:41 WIB
Asosiasi Ahli K3 Dumai Gelar Seminar Nasional K3
DUMAI (MR) - Dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional tahun 2019 yang diperingati tiap tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari, maka Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A2K3) Komisariat Dumai akan menggelar Seminar Nasional K3, Minggu, 03 Februari 2019 di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung Dumai.
 
A2K3 dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Provinsi Riau Nomor: Kep. 02/A2K3/DPC/PROV-RIAU/SK/X/2018 tentang Pengesahan Pengurus Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Komisariat Dumai Masa Bakti 2018 – 2022.
 
Sejak diundangkannya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, Menteri Ketenagakerjaan sebagai pemegang kebijakan nasional di bidang K3, bersama para pemangku kepentingan telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong pelaksanaan K3, melalui berbagai kegiatan.
 
Kegiatan tersebut antara lain kampanye, seminar, lokakarya, konvensi, pembinaan dan peningkatan kompetensi personil K3, pembentukan dan pemberdayaan lembaga-lembaga K3 baik tingkat nasional sampai dengan tingkat perusahaan, pemberian penghargaan K3, dan perbaikan-perbaikan sistem K3 secara berkelanjutan namun hasilnya belum optimal.
 
Hal ini ditandai dengan adanya kasus-kasus kecelakaan kerja di tempat kerja maupun diluar tempat kerja yang belakangan ini terjadi di Kota Dumai khususnya yang berakibat fatal sehingga menimbulkan kerugian moril dan materiil serta pencemaran lingkungan yang dampaknya sangat besar bagi tenaga kerja, pengusaha, maupun pemerintah. 
 
"Secara keseluruhan berbagai kerugian tersebut akan mempengaruhi pula tingkat produktivitas, kesejahteraan masyarakat bahkan dapat menurunkan Indeks Pembangunan Manusia yang akhirnya akan berpengaruh terhadap daya saing di pasar internasional," ungkap Joel selaku Ketua Panitia. 
 
Joel mengatakan tujuan dari Seminar Nasional K3 yang diadakan antara lain: Meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma K3, Meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mencapai pelaksanaan budaya K3 secara optimal disetiap kegiatan usaha, dan Meningkatkan penerapan K3 menuju masyarakat mandiri berbudaya K3. 
 
Dengan Tema Seminar Nasional K3 tahun 2019 yaitu “WUJUDKAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT INDONESIA BERBUDAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) UNTUK MENDUKUNG STABILITAS EKONOMI NASIONAL”.
 
Joel berharap Seminar Nasional K3 dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat baik Perusahaan/Umum dan Mahasiswa/Pelajar yang ada di Kota Dumai. Mengingat pentingnya Budaya K3 dalam semua aspek kehidupan tentunya, maka kita sebagai warga Negara harus memahami tentang K3 tersebut. (rls/red)

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dengan Dukungan Walikota, PSSI Dumai Siapkan Lapangan Futsal, Mini Soccer dan Stadion Utama

2

Management PT. KPI RU-II Dumai Kunjungi Makodim 0320/Dumai Untuk Tingkatkan Sinergi

3

Dandim Dumai Berikan Kejutan Untuk Kapolres di HUT Bhayangkara Ke-78

4

Sertu Sareh Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Bagan Besar

5

Yusuf: Alhamdulillah Turnamen 3 Kategori Teduh Cup 2024 Sukses