MENU TUTUP

Mahasiswa Rupat Meminta Gubernur Riau Cabut Izin Pt Logomas Utama Di Pulau Rupat

Jumat, 26 Mei 2017 | 09:10:21 WIB
Mahasiswa Rupat Meminta Gubernur Riau Cabut Izin Pt Logomas Utama Di Pulau Rupat Pulau Beting Aceh Rupat Utara

RUPAT UTARA (MR) - Kabupaten Bengkalis adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Wilayahnya mencakup daratan bagian timur Pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 7.793,93 km² Ibu kota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera. 

Kota terbesar di kabupaten ini adalah kota Duri di kecamatan Mandau. Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi yang menjadi sumber terbesar APBD-nya bersama dengan gas namun dengan kondisi migas yang tidak bisa di andalakan lagi pemerintah setempat berupaya menumbuhkan perekonomian masarakat dengan membangun sektor sektor pariwisata kesungguhan ini di buktikan pemkab bengkalis melalui  Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) kembali mengusulkan bantuan dana melalui APBD Provinsi Riau dan APBN, untuk pengembangan potensi pariwisata bahari di Pulau rupat. 

Usulan yang tertuang dalam program pengembangan pariwisata Pulau Rupat itu kembali diajukan pada saat Rapat Koordinasi Tekhnis (Rakornis) Pariwisata se-provinsi Riau yang berlangsung di kecamatan Rupat Utara karna pulau rupat ini dinilai memiliki potensi dan merupakan aikon pariwisata nasional.

Masarakat kabupaten bengkalis khususnya kecamatan Rupat menyambut baik program dan kesungguhan bupati bengkalis untuk membangun kabupaten bengkalis dengan mengembangkan potensi pariwisata bahari di Pulau rupat yang selama ini tidak banyak yang tau. Bahkan pemerintah propinsi riau menyambut baik pengembangan sector pariwasata ini dibuktikan pantai pulau rupat menjadi aikon nasional pada saat ini dan pemerintahpun sedang gencar gencar nya melakuakan promosi agar para infestor tertarik untuk berivestasi di kabupaten bengkalis propinsi riau ini. 

Namun yang membuat masarakat geram dan tidak habis pikir masarakat pulau rupat dikejut kan dengan ada nya surat izin yang di keluarkan pemerintah propinsi riau melaui dinas penanaman modal dan pelayan terpadu No 503/DPMPTSP/IZIN- ESDM/66 tagal 29 maret 2017. Kepada Pt Logomas Utama Seluas 5.030 Hektare di perairan rupat utara kabupaten bengkalis. 

Dimana hampir dari setengan beting aceh yang merupakan aikon kebanggaan masarakat tempatan ini masuk kedalam izin konsensi pt logomas utama di kecamatan rupat utara ini.

“Kami dari mahasiswa rupat cukup terkejut dengan berita ini bagai mana tidak pulau rupat yang saat ini di gembor gembor kan pembangunan pariwisata nya ternyata hanya wacana dan pencitraan semata,"kata salah satu Mahasiswa Asal Rupat Hengky Saputra Jum'at (26/5/17) kepada monitorriau.com.

Hengky menambahkan Padahal Gubernur Riau telah melihat sendiri keindahan pantai itu bahkan beliau sempat bekunjung kepantai tersebut dan tidak ada yang tidak terpana melihat keindahan pantai pulau rupat yang masih asri itu ini sangat mebuat kecewa masarakat pulau rupat,"tambah Hengky.

“Kami sebagai Mahasiswa Rupat yang ada di Pekanbaru tentunya tidak akan tinggal diam melihat PT Logomas Utama yang dengan semena mengekplorasi pasir yang ada di perairan Pantai Pulau Rupat ini jika di biarkan maka keindahan dan Keasrian Pantai Dan Beting Aceh yang ada di Pulau Rupat akan rusak,"sambungnya.

Hengky Saputra menuturkan Tentunya kami sebagai mahasiswa akan mengambil tindakan yang intelektual dengan  secepat nya mengirim surat kepada bapak gubernur riau untuk mencabut izi yang di berikan melalui dinas penanaman modal dan pelayan terpadu kepada pt logomas utama di pulau rupat,"tuturnya.

“Kami akan berkordinasi dengan rekan rekan mahasiswa dan tokoh masarakat tempatan jika surat yang kami layang kan permintaan kami untuk mencabut izin PT Logomas Utama maka kami dengan terpakasa akan melakukan unjuk rasa karena kami pikir Masarakat pun setuju jika sudah cara baik - baik kami lakukan namun tidak di tanggapi maka jalan satu - satu nya adalah lawan. Karana bagi kami pulau rupat haraga mati,"tandasnya.***

Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Siswa SSB Persekat Dumai dan Garuda Soccer School Lulus SKO Sumbar

2

Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau

3

Kadishub Dumai Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Qurban

4

Bencana Sumbar, IKMR Dumai Tutup Galang Dana

5

Babinsa Sertu Roni Sandra Hadiri Peresmian PT. Mitra Bandar Bertuah di Bukit Nenas