Riau

Rasio Desa Berlistrik Di Dumai 100 Persen

DUMAI (MR) - PT PLN menyatakan rasio desa berlistrik di Kota Dumai sudah mencapai 100 persen dengan rampungnya proyek jaringan tegangan menengah, rendah dan trafo distribusi di Kelurahan Batu Teritip.

Menurut Kepala PLN Area Dumai Suharno, kelurahayang masuk Kecamatan Sungai Sembilan Dumai ini, sudah terpasang jaringan tegangan menengah 26 kilometer sirkuit, jaringan tegangan rendah 33 KMS dan 6 unit trafo distribusi.

"Proyek jaringan kelistrikan di Kelurahan Batu Teritip sudah rampung ini jadi pelengkap bahwa rasio desa berlistrik dumai kota mencapai seratus persen," kata Suharno di Dumai, Rabu.

Dijelaskan, program melistriki Kelurahan Batu Teritip ini dengan tambahan 970 pelanggan baru merupakan komitmen untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan penyediaan energi listrik.

Dalam proyek ini, PLN terkendala infrastruktur jalan belum terbangun, namun tidak menjadi halangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memberi manfaat pembangunan jaringan listrik.

"Kelurahan Batu Teritip menjadi penutup akhir tahun 2018 yang membahagiakan bagi Dumai dan PLN dalam upaya peningkatan rasio desa berlistrik dan rasio elektrifikasi," sebutnya.

Manfaat jaringan listrik dibangun PLN di antaranya, menjadi penggerak bagi kegiatan industri dan perdagangan, meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat perdesaan, khusus untuk menikmati penerangan, televisi dan radio.

Kemudian, meningkatkan kemampuan masyarakat perdesaan untuk memperoleh kualitas pendidikan dan menambah kesempatan bekerja sehingga mengurangi urbanisasi.

Saat ini jumlah pelanggan industri di Kota Dumai dengan 7 kecamatan dan 33 kelurahan sebanyak 33 perusahaan berkapasitas total 69,285 MVA, dan energi listrik kebutuhan industri dan masyarakat sangat penting  dalam kehidupan sehari hari. (ant)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan