Riau

40 Hektare Lahan Gambut di Rohil Terbakar, Berhasil Dipadamkan

ROHIL (MR) - Serius dalam menangani bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tim gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan BPBD akhirnya berhasil mengendalikan api.

Meski begitu saat ini lahan gambut yang didominasi semak belukar masih menyisakan titik titik asap kecil.

Kapolsek Tanah Putih, Kompol L Simatupang kepada riauterkini.com, Minggu (06/01/18) sore mengatakan kabakaran saat ini telah berhasil dikendalikan.

"Api berhasil kita padamkan. Ini juga berkat hujan yang turun tadi malam, bahkan saat ini juga masih terjadi hujan di lokasi," ujarnya.

Lanjutnya tim kini tetap fokus untuk melajukan pendinginan. Sebab, meski telah padam, menurut L Simatupang tidak menutup kemungkinan apabila angin kencang api akan hidup kembali.

"Untuk itu kita akan selalu waspada," terangnya.

Dirincinya, api yang muncul dan juga membakar lahan milik Simanjuntak sejak awal tahun lalu ini, telah menghanguskan sedikitnya 40 hektare lahan.

Bahkan meluas hingga perbatasan Dumai Barat yakni wilayah Sungai Sembilan.

Tak hanya itu, dalam pemadaman yang cukup sukit akibat minimnya sumber air dan tak ada curah hujan, tim gabungan juga sempat mengevakuasi satu masyarakat yang bekerja sebagai penunggu kebun di wilayah tersebut.

Saat di evakuasi, kondisi warga tersebut sudah cukup lemas disebabkan kepulan asap.

Diluar itu, sepanjang 2019 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mencatat, sudah sekitar 55 hektare lahan di Riau terbakar. Ini didominasi wilayah pesisir yang memang curah hujan sangat kecil.

Selain Rokan Hilir yang mencapai 40 hektare, kebakaran juga terjadi di Kabupaten Bengkalis, yakni di desa Bumbung, desa Pamesi dan kecamatan Bathin Solapan yang mencapai luas 10 hektare. Ada juga di Dumai seluas 1 Hektare dan Kabupaten Kampar dengan luasan 4 haktare. *** (Rtc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan